Wednesday, 23 October 2019

Musim Mudik 2019, PMI DKI Siapkan 9 Posko Kesehatan

Sabtu, 1 Juni 2019 — 13:40 WIB
ketua PMI DKI saat meninjau posko PMI di terminal. (Ifand)

ketua PMI DKI saat meninjau posko PMI di terminal. (Ifand)

JAKARTA – Ikut aktif dalam pelaksanaan mudik 2019, Palang Merah Indonesia (PMI) DKI Jakarta menyiapkan sembilan posko kesehatan. Bahkan, mereka siap berkordinasi dengan PMI di wilayah lain bila menemukan penumpang yang mengalami gangguan kesehatan.

Ketua PMI DKI Jakarta, Muhammad Ali Reza mengatakan, peran aktif terus dilakukan pihaknya dalam setiap mudik. Untuk tahun ini, PMI DKI menyiapkan sembilan posko.

“Pos-pos pelayanan kesehatan atau pertolongan pertama untuk para pemudik kami siagakan sejak kemarin,” katanya, Sabtu (1/6/2019).

Ali Reza mengatakan, kesembilan posko itu disiapkan di stasiun Senen, Gambir, Tanah Abang dan Pelabuhan Tanjung Priok.

“Sementara di terminal kami siapkan di Kampung Rambutan, Pulogebang, Tanjung Priok, dan Kali Deres. Bahkan untuk antisipasi pelaksanaan mudik lebaran, kami juga menyiapkan posko di kebun binatang Ragunan,” ujarnya.

Di semua posko itu juga, sambung Ali Reza, semua jenis peralatan medis disiapkan untuk berbagai penanganan. Meski begitu, yang dikhususkan pada pelayanan mudik ini pihaknya menyiapkan kotak kesehatan untuk para penumpang.

“Isinya ya minyak kayu putih, perban dan lainnya untuk dibawa penumpang agar nyaman dalam berkendara,” terangnya.

Posko yang disiapkan itu sendiri, kata Ali Reza, akan dijaga dengan 96 petugas yang disebar kesemua titik. Dimana nantinya, di setiap posko juga akan ditempatkan dua sampai tiga mobil ambulan. “Kami juga sudah berkordinasi dengan Dinas Kesehatan agar melakukan penanganan cepat bila memang ada masalah,” terangnya.

Ali Reza menyebut, pihaknya juga akan berkordinasi dengan PMI di wilayah lain untuk penanganan penumpang. Terlebih, kemarin pihaknya menemukan penumpang yang akan menuju Tegal dan tak bisa jalan.

“Kami sudah koordinasikan agar nantinya PMI di Tegal menjemput untuk mengantarkan langsung ke rumahnya demi memberikan pelayanan terbaik,” ungkapnya. (ifand/ys)