Sunday, 17 November 2019

Denda Sopir Korban Pembajakan Semestinya Ditanggung Gubernur

Senin, 10 Juni 2019 — 7:16 WIB
sentil trans dibajak

KASIHAN nasib Oki, 30, sopir Bus Mayasari Bakti Transjabodetabek. Saat   pemuda pembajak busnya terjepit Underpass Tanah Abang, malah dia kena denda Rp 1,2 juta dari perusahaan. Mestinya denda itu ditanggung Pemprov DKI Jakarta, karena “musibah” itu merupakan dampak kebijakan ijin takbiran keliling oleh Gubernur Anies Baswedan.

Gubernur DKI Jakarta sebelum Anies Baswedan, selalu melarang takbir keliling Ibukota. Sebab di banyak kejadian, justru menimbulkan bentrok antar kelompok dengan jatuh korban. Tapi Gubernur DKI Jakarta yang sekarang, Anies Baswedan emang beda! Pada malam Lebaran 1440 H kemarin, dia justru mengizinkan takbir keliling ibukota dengan alasannya melestarikan tradisi.

Takbiran secara berkeliling asalkan masih dalam lingkup kampung,  masih aman. Tapi ketika sudah merambah antar kecamatan apa lagi keliling Ibukota, ini sangat rawan terjadinya bentrokan. Apa lacur, pada malam takbiran kemarin, benar-benar terjadi bentrok di Sawah Besar, dengan korban seorang kena bacok.

Paling tragis terjadi beberapa jam sebelumnya. Di underpass Tanah Abang, sejumlah pemuda yang naik di atap bus Mayasari Bakti Transjabodetabek, terjepit. Untung saja tidak sampai terjadi korban. Ketika kejadian itu masuk medsos, menjadi viral.

Ternyata bus itu dibajak oleh sekelompok anak muda, dipaksa mengantarkan rombongan untuk takbiran kelililing Ibukota. Jumlah gerombolan 50 orang, yang tertampung dalam bus 40, selebihnya naik di atap. Sebetulnya sopir Oki telah melarang, tapi nekad. Akhirnya terjadilah “musibah” di underpass Tanah Abang tersebut.

Apa reaksi Gubernur Anies? Pengemudi itu harus kena sanksi, nanti Pemprov DKI Jakarta akan bikin aturan, agar sopir tidak lagi membolehkan penumpang naik ke atap bus.

Paling konyol adalah sikap pihak perusahaan Mayasari Bakti. Meski Oki bawa penumpang di atas kap bus karena dibajak, dia tetap kena sanksi denda Rp 1,2 juta dengan alasan terjadi kerusakan.

Untung saja warganet sangat bersimpati pada Oki, sehingga secara patungan membantu Oki sampai terkumpul dana Rp 10 juta. Padahal denda itu mestinya menjadi tanggungjawab Gubernur DKI Jakarta. Sebab “musibah” itu terjadi gara-gara kebijakannya. – gunarso ts

Terbaru

Perampas motor ditangkap.(koesma)
Minggu, 17/11/2019 — 12:10 WIB
Rampas Motor IRT, Warga Lampura Ditangkap
Menaker Ida Fauziah usai menerima Courtesy Call Duta Besar Republik Korea untuk Indonesia, Kim Chang-beom, di Kantor Kemnaker,(ist)
Minggu, 17/11/2019 — 11:40 WIB
Indonesia-Korea Terus Perkuat Perlindungan Bagi PMI
Direktur Jenderal Industri Kecil, Menengah dan Aneka (IKMA) Kementerian Perindustrian, Gati Wibawaningsih. (isst)
Minggu, 17/11/2019 — 10:30 WIB
Kemenperin Tekan Impor Bahan Baku Industri Kosmetik