Sunday, 17 November 2019

Serangan Jet Tempur Rusia Tewaskan 25 Warga Suriah

Selasa, 11 Juni 2019 — 10:10 WIB
Jet tempur Rusia serang Suriah.(reuters)

Jet tempur Rusia serang Suriah.(reuters)

SURIAH – Sedikitnya 25 warga sipil tewas akibat serangan udara militer Rusia di Barat laut Suriah, Senin (10/6/2019) waktu setempat. Serangan ini menambah jumlah korban jiwa yang mencapai ribuan jiwa sejak April 2019.

Dilansir Reuters, Selasa (11/6/2019), jet Sukhoi Rusia menjatuhkan bom di Desa Jabala, Provinsi Idlib bagian selatan. Akibatnya, 13 warga sipil menjadi korban, termasuk wanita dan anak-anak.

 Jet Rusia juga menjatuhkan bom di Kota Khan Sheikhoun, Kfar Batikh, dan beberapa desa lain yang menewaskan sedikitnya 12 warga sipil.

 Tim penyelamat mengatakan serangan udara Rusia sejak akhir April lalu telah menewaskan lebih dari 1.500 orang dengan lebih dari separuh korban tewas adalah warga sipil.

 Penduduk dan oposisi pemerintah Suriah menganggap serangan Rusia yang menghancurkan sekolah dan merobohkan pusat medis bertujuan untuk menghancurkan semangat warga sipil.

Akibat serangan tersebut, lebih dari 300.000 orang mengungsi ke tempat aman di dekat perbatasan Turki.

 Serangan Rusia sejauh ini untuk menembus wilayah pemberontak di Hama utara dan Provinsi Idlib selatan, lokasi pemberontak utama yang didukung oleh Turki bersama para pejuang jihad di Suriah.

 Rusia dan tentara Suriah membantah tuduhan atas serangan bom tanpa pandang bulu atas wilayah sipil untuk melumpuhkan kehidupan sehari-hari di daerah yang dikuasai oposisi. Mereka mengaku fokus untuk memerangi gerilyawan Islam al-Qaeda.

 Rusia bahkan menyalahkan pemberontak karena melanggar gencatan senjata dengan menyerang daerah yang dikuasai pemerintah. Selain itu, Rusia menganggap Turki telah gagal memenuhi kewajibannya berdasarkan kesepakatan mengusir gerilyawan.

 Daerah barat laut Suriah, termasuk Provinsi Idlib memang menjadi daerah yang dikuasai pemberontak yang menentang pemerintahan Presiden Suriah Bashar Al-Assad. Daerah ini meminta perlindungan Turki terhadap serangan yang dipimpin Rusia.(tri)

Terbaru

Perampas motor ditangkap.(koesma)
Minggu, 17/11/2019 — 12:10 WIB
Rampas Motor IRT, Warga Lampura Ditangkap
Menaker Ida Fauziah usai menerima Courtesy Call Duta Besar Republik Korea untuk Indonesia, Kim Chang-beom, di Kantor Kemnaker,(ist)
Minggu, 17/11/2019 — 11:40 WIB
Indonesia-Korea Terus Perkuat Perlindungan Bagi PMI
Direktur Jenderal Industri Kecil, Menengah dan Aneka (IKMA) Kementerian Perindustrian, Gati Wibawaningsih. (isst)
Minggu, 17/11/2019 — 10:30 WIB
Kemenperin Tekan Impor Bahan Baku Industri Kosmetik