Friday, 06 December 2019

Dua Hari Lagi Sudin Dukcapil Jakbar Mulai Data Pendatang

Rabu, 12 Juni 2019 — 14:57 WIB
Kasudin Dukcapil Jakbar, Rosyik Muhammad (berdiri kedua dari kanan) saat layanan kependudukan di rumah lansia di Kebon Jeruk. (rachmi)

Kasudin Dukcapil Jakbar, Rosyik Muhammad (berdiri kedua dari kanan) saat layanan kependudukan di rumah lansia di Kebon Jeruk. (rachmi)

JAKARTA – Suku Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Jakarta Barat mulai 14 Juni mendatang, selama 10 hari akan mendata para pendatang daerah di delapan kecamatan. Pasca pendataan, petugas akan menggelar pembinaan kependudukan (Biduk).

“Kami akan mendata para pendatang dari berbagai daerah mulai 14 Juni-24 Juni serentak di delapan kecamatan,” kata Kasudin Dukcapil Jakbar, Rosyik Muhamad, Rabu (12/6/2019).

Terkait kegiatan tersebut, Sudin Dukcapil Jakbar sudah mensosialisasikan ke warga di 56 kelurahan melalui Kasatpel Dukcapil setempat. Serta berkoordinasi dengan seluruh lurah, camat dan pengurus RT-RW. Lurah akan menerbitkan surat kepada Ketua RT/RW untuk pendataan warga baru.

Pendataan terhadap warga pendatang yang bermukim di kelurahan, akan ditangani Kasatpel Dukcapil bersama operator. “Melalui pendataan akan diperoleh database terkait pendatang dari daerah pasca lebaran ini,” beber Rosyik.

Berbekal database tersebut, selanjutnya sudin akan menerbitkan Surat Keterangan Domisili Sementara (SKDS) melalui Biduk pada 26 Juni mendatang. (rachmi/mb)