Friday, 06 December 2019

Buang Sampah Sembarangan Kepergok Petugas Viral di Medsos

Jumat, 14 Juni 2019 — 7:11 WIB
Warga Ciputat yang tertangkap tangan membuang sampah rumah tangga di kawasan jalan layang Ciputat.  (anton)

Warga Ciputat yang tertangkap tangan membuang sampah rumah tangga di kawasan jalan layang Ciputat. (anton)

TANGERANG – Sejumlah warga Kota Tangerang Selatan (Tangsel) dinilai masih jauh rasa memiliki kebersihan maupun aturan dalam membuang sampah limbah rumah tangga. Bahkan aksi pembuangan sampah di pinggir jalan sekitar flyover atau jembatan layang Ciputat sempat viral di media sosial Facebook saat petugas menegur satu warga yang tertangkap basah membuang sampah seenaknya.

“Ibu kok buang sampah di pinggir jalan seperti itu. Memang di lingkungab RT tidak ada pelayanan petugas yang menggambil sampah setiap saat, ” tanya satu petugas di Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Tangsel yang menangkap basah seorang ibu berboncengan sepeda motor saat membuang sampah .

Mendapat teguran itu kontan si ibu kaget dan menjawab. “Ada sih tapi ini juga baru kali ini karena sekalian mau berbelanja di Pasar Ciputat. ”

Mendengar jawaban tersebut, Rastra Yudatana, Kepala Seksi Pembuangan Sampah di DLH Tangsel, langsung meminta agar sang ibu tidak memberikan contoh yang tidak baik terlebih melanggar “Yaa, jangan buang sampah sembarangan dong kalau ada petugas di lingkungan yang memunggut kebersihan, ” ujarnys.

Tidak hanya menegur tapi juga mengingatkan agar tidak lagi mengulang aksi buang sampah sembarangan. “Jika besok- besok atau nanti tertangkap tangan lagi bakal dikenakan sanksi dends Rp 50 juta.. Lhoo, ” ucapnya.

Mendengar penuturan tersebut, Ny. Nurawan yang dibonceng sang suami Nurawan, langsung meminta maaf. “Maaf…Ya Pak.. Saya salah, ” tuturnya ke petugas tersebut.

Sedangkan, Kepala Bidang Pengangkutan Sampah DLH Kota Tangsel, Wismansyah, mengaku banyak warga Kota Tangsel terlebih penggontrak rumah dan petakan seenaknya membuang sampah di pinggir jalan dengan alasan tidak ada bak sampah .

Tidak hanya seorang bapak dan ibu saja yang tertangjap tangan petugas tapi ada seorang pria tanpa identitas mengendarai sepeda motor berboncengan dengan seorang anak juga tidak malu membuang sampah di pinggir jalan. (anton/b