Tuesday, 12 November 2019

Pasien Membludak Puskesmas Cilincing Perbarui Alur dan Parkir

Minggu, 16 Juni 2019 — 20:27 WIB
Suasana pasien di Puskesmas Cilincing. (deny)

Suasana pasien di Puskesmas Cilincing. (deny)

JAKARTA – Perluasan lahan parkir milik Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Kecamatan Cilincing, akan dilakukan Sudin Kesehatan Jakarta Utara, pada tahun 2020. Penataan ini, mengingat semakin meningkatnya kunjungan masyarakat untuk berobat saban harinya.

“Direncanakan memang pada tahun 2020 mendatang, Puskesmas Kecamatan Cilincing akan dilakukan perluasan. Termasuk soal area parkir motor, nanti dibangun vertikal agar bisa dua lantai,” ujar Kepala Sudin Kesehatan Jakarta Utara, Yudi Dimyati, Minggu (16/6).

Nantinya, kata Yudi, dengan begitu motor motor milik pasien atau pengantar tidak ada lagi yang parkir di luar Puskesmas dan bahu jalan. “Kalau bangunan sudah ada, saya rasa nantinya cukup. Motor tidak lagi parkir di luar pinggir jalan, dan menghalangi mobil ambulan,” paparnya.

Ditambahkannya, hampir setiap harinya ada sekitar seribu warga yang memanfaatkan fasilitas kesehatan milik pemerintah ini. Hal itu, sambungnya, ditandai dengan penuhnya ruang tunggu yang ada disetiap lantai Puskesmas dan juga lahan lahan parkir yang melebihi kapasitas.

“Sedangkan untuk mengatur alur berobat pasien, kita buatkan pola alur masuk dan keluar pasien ke dalam ruang pemeriksaan. Jadi nanti ada yang sebagian menunggu di bawah, kalau yang di atas sudah turun nanti baru yang di bawah bisa naik,” tuturnya.

Sebagaimana diketahui, Puskesmas Kecamatan Cilincing, memiliki berbagai program layanan kesehatan masyarakat dan juga merupakan Puskesmas dengan juara 1 lomba di tingkat Kota Jakarta Utara. Dan Kini mewakili Jakarta Utara, maju ke tingkat Provinsi DKI dengan lomba serupa tahun 2019. (deny/win)