Sunday, 20 October 2019

Awas, Bahaya Main HP!

Senin, 17 Juni 2019 — 9:15 WIB
anak main hp

KEPALA bergoyang-goyang, mendongak, mata melotot, mulut penyok, pandangan tak focus! Layaknya orang kena penyakit ayan. Gerakan yang aneh tersebut bukan tanpa sebab, akibat kebanyakan main HP. Betulkah?

Belum ada keterangan yang jelas dan tegas. Tapi jika benar bahwa penyakit aneh itu akibat main HP, oh betapa buruknya perkembangan anak-anak kita di masa yang akan datang.

Banyak kasus yang menimpa pemakai HP, dari yang luka-luka sampai tewas ketika menggunakan HP tidak pada tempatnya. Main HP ketika membonceng motor dijambret jatuh ke aspal, tewas. Menyeberang jalan atau sedang berkendara pun tewas. Karena kecelakaan.
Ada yang berselfi ria, di tepi jurang, jatuh nggak bangun lagi. Selfi di sungai, tiba-tiba air bah datang, tubuh dan nyawa hanyut! Dan masih banyak lagi korban celaka akibat HP.

Itu semua iliustrasi nyata, yang benar ada dan banyak jumlah korbannya. Bukan ingin mengatakan HP banyak menimbulkan hal buruk, bukan itu. Karena, banyak sekali hal yang baik juga bisa kita dapat dari alat canggih tersebut. Mau apa saja ada di situ, tinggal pencet. Maka akan muncul berita atau ilmu pengetahuan,termasuk hiburan yang diinginkan.
Tapi itu seperti pisau bisa berguna, baik atau buruk tergantung yang memegang.

Nah, kalau melihat kisah di atas, maka HP memang sebaiknya digunakan dalam sikon yang tepat. Terutama anak-anak balita,yang saat ini banyak dan sudah mengenal HP, sebaiknya diarahkan oleh orang tua.Tidak sepanjang hari main HP, coba alihkan pada mainan yang tdak bebahaya.

Mainan tradisonal, warisan nenek moyang. Congklak, bola bekel, kelereng dan lainnya, jangan sampai dilupakan tuh! Aman, murah dan menghibur! -massoes