Friday, 22 November 2019

Pemkot Jakarta Utara Bakal Gelar Operasi Biduk untuk Pendatang Baru

Selasa, 25 Juni 2019 — 7:10 WIB
Dokumtasi

Dokumtasi

JAKARTA – Bina Kependudukan (Biduk) akan di gelar Sudin Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Jakarta Utara, di wilayah Pegangsaan Dua, Kecamatan Kelapa Gading, dan Pejagalan, Penjaringan, Jakarta Utara. Kedua lokasi menjadi sasaran kegiatan, karena disinyalir banyak pendatang baru.

“Kita tau Pegangsaan Dua itu kan perbatasan antara Jakarta Utara dan Timur, ada pabrik. Sedangkan di Pejagalan, banyak apartemen, restoran dan padat wilayahnya. Kemungkinan pendatang baru pasca Lebaran ini banyak,” ucap Kasudin Dukcapil Jakarta Utara, Erik Polim Sinurat, Senin (24/6).

Dikatakannya, nantinya kegiatan Biduk dilakukan sore hari dengan tanggal berbeda. “Untuk pertama di Pegangsaan Dua itu tanggal 26 Juni, kemudian yang di Pejagalan di tanggal 3 Juli,” paparnya sambil mengatakan alasan sore karena khawatir pagi warga aktivitas.

Erik menambahkan, dalam kegiatan tersebut pihaknya membuka pelayanan kependudukan bagi warga yang membutuhkan. Terlebih, sambungnya, bagi mereka warga pendatang baru yang ingin mengadu nasib di Ibukota pasca Lebaran.

“Biduk pembinaan kepada masyarakat. Sebagai juga pesan Pak Anies, bahwa siapa pun boleh datang ke Jakarta. Asalkan mereka memiliki dokumen lengkap, dan kita akan bantu bagi mereka yang belum memiliki kelengkapan,” tegasnya.

Meski demikian, meski pelayanan Biduk baru laksanakan pada tanggal 26 Juni dan 3 Juli di dua wilayah tersebut. Namun Sudin Dukcapil Jakarta Utara, telah melakukan pendataan dan juga sosialisasi secara keseluruhan dengan melibatkan RT/RW di setiap kelurahan. (deny/b)