Sunday, 20 October 2019

Anies Diharapkan Hidupkan Kembali Biro Humas

Rabu, 26 Juni 2019 — 5:46 WIB
Gubernur DKI, Anies Baswedan. (yendhi)

Gubernur DKI, Anies Baswedan. (yendhi)

JAKARTA – Sepuluh tahun lebih digabung ke Dinas Komunikasi dan Informasi, peran Humas di lingkungan Pemprov DKI Jakarta, mandeg. Sebab itu, Gubernur Anies Baswedan didesak segera mengembalikan peran humas melalui pembentukan Biro Humas.

“Sejak digabung, peran humas menjadi melempem, hanya sebagai pelengkap saja. Saatnya Biro Humas dikembalikan,”kata Laode Jumaidin, Ketua Forum Warga Peduli Jakarta, Selasa (25/6).

Menurut Laode, sejak sepuluh tahun ini, Humas sebagai pintu informasi bagi masyarakat luas, tidak berperan. “Sejak digaung dengan Dinas, oeran humas mati. Gubernur sendirian memberi penjelasan kepada masyarakat, “katanya.

Dinas Komunikasi yang ada saat ini malah tidak memiliki peran . “Kita tidak pernah melihat pimpinan dinas tersebut memberikan informassi kepada masyarakat. ”

Steven S Musa, anggota DPRD DKI Jakarta, setuju pembentukan kembali Biro Humams. Hal tersebut untuk membentengi gubernur dari kemungkinan salah komentar atau tangapan terhadap dinamika pembangunan Jakarta.

“Jadi tidak harus gubernur yang menjadi nara sumber bagi kalangan pers untuk menjelaskan sesuatu hal. Saya setuku bila Biro Humas diaktifkan dan dipisah dari Dinas Kominfo, “katanya.

Saat ini, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bakal merombak sejumlah satuan kerja perangkat daerah (SKPD) atau dinas di Pemprov DKI.

Dari 42 SKPD yang ada, satu dipecah jadi dua, satu dibubarkan, dan lima diubah namanya. Dinas Komunikasi Informasi tidak masuk yang diubah.

Dinas itu antara lain, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan akan dipidah menjadi Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif serta Dinas Kebudayaan.

Anies juga berencana membubarkan Dinas Perindustrian dan Energi. Menurutnya, rumpun urusan perindustrian lebih dekat dengan urusan usaha kecil menengah dan perdagangan sesuai kebutuhan percepatan capaian target RPJMD 2018-2022.

Urusan energi akan dilimpahkan ke Dinas Lingkungan Hidup atau yang sebelumnya disebut Dinas Kebersihan.(john)