Friday, 22 November 2019

Gara-Gara Cat Rambut Iko Uwais Masuk Rumah Sakit

Rabu, 26 Juni 2019 — 5:10 WIB
Iko Uwais. (instagram)

Iko Uwais. (instagram)

JAKARTA – Cukup “mahal” tebusan bagi peran baru yang didapat aktor laga Iko Uwais. Bukan lantaran peran antagonis yang dimainkannya, melainkan cat rambut emas yang dikenakannya. Iko menceritakan bahwa ia bahkan sempat masuk rumah sakit lantaran mengalami migrain hebat.

Diungkapkannya, untuk tokoh antagonis Oka Tedjo, yang diperankannya film terbarunya yang berjudul Stuber, Iko yang biasanya dicasting sebagai jagoan kalem berubah menjadi gangster yang funky dan eksentrik. Rambut Iko pun berubah warna menjadi blonde dengan gaya sedikit mohawk.

“Rambut saya berubah juga. Lebih eye catching. Tampilan wardrobe juga berbeda, lebih tabrak warna-warni,” kata Iko.

Rupanya, hal ini punya efek samping ke Iko. Ia harus masuk rumah sakit karena cat rambut yang digunakannya. Cat rambut itu, kata Iko, membuat kepalanya migrain selama dua minggu dan tak kunjung hilang.

“Saya sempat masuk RS gara-gara rambut. Jadi pas sebelum syuting sutradara ingin liat sosok Tedjo yang berbeda. Enggak seperti Iko Uwais di film sebelumnya. Kalau bisa warna rambutnya dibedain,” tutur Iko Uwais.

Iko menuturkan, proses pewarnaan rambutnya tidak sederhana. Ia harus melewati proses dua kali bleaching rambut selama 4-5 jam sebelum kemudian melewati proses pewarnaan. Selama itu pula Iko kesakitan.

“Disentuh sedikit anak rambut, sakitnya minta ampun. Selama syuting saya gunakan ‘pain killer’ (penghilang rasa sakit). Saya pikir biasa, tapi ternyata nggak hilang-hilang. Saya ke dokter dan hari itu disuntik dua suntikan nungging depan dokter di bagian bokong saya. Langsung hilang semua sakitnya,” kata Iko tertawa.

Usut punya usut, ternyata ada saraf yang mengalami iritasi di bagian kulit kepalanya yang terjadi karena efek cat rambut yang keras. Walau begitu, Iko mengaku ia tetap menjalani proses syuting tanpa mengeluh.

“Apapun kondisinya, saya harus tetap fokus karakter saya. Kerja dari pagi sampai malam saya harus tahan,” katanya.

Bagi Iko, main film ‘Stuber’ merupakan kesempatan yang tak datang dua kali. Dia senang berakting bareng aktor besar Dave Bautista, Karen Gillan, dan Kumai Nanjiani.

“Ini film komedi aksi yang baru bagi saya. Bekerja sama dengan aktor-aktor besar. Ada tuntutan juga sebagai aktor apapun peran yang saya perankan itu tantangan buat saya. Kemauan sutradara, saya wayangnya, dia dalangnya. Saya harus terima itu tantangan buat saya,” katanya.- dms