Sunday, 15 December 2019

Lomba Pos Kamling Digelar di Pandeglang

Rabu, 26 Juni 2019 — 9:50 WIB
Penilaian lomba Pos Kamling di Pandeglang. (ist)

Penilaian lomba Pos Kamling di Pandeglang. (ist)

SERANG– Menyambut HUT ke-73 Bhayangkara, Direktorat Pembinaan Masyarakat (Ditbinmas) Polda Banten menggelar lomba Poskamling tingkat wilayah hukum Polres Pandeglang dan Polres Lebak. Penilaian pun digelar sejak Selasa (24/6/2019) malam.

Penilaian Pos Kamling dilaksanakan dengan dipimpin AKBP Zainudin, Wadir Binmas Polda Banten. Tim disambut Kasat Binmas Polres Pandeglang AKP Reni Widyowati.

Kabid Humas Polda Banten AKBP Edy Sumardi Priadinata mengatakan pos Sistem Keamanan Lingkungan (Siskamling) merupakan potensi pengamanan swakarsa yang berasaskan budaya kepaguyuban dan gotong royong. Khusus di pemukiman perlu dilestarikan dan ditumbuh-kembangkan budaya kebersamaa ini.

“Lomba pos kamling ini diharapkan bisa memicu semangat warga untuk menjaga lingkungan dari ancaman gangguan Kamtibmas. Kriteria penilaian meliputi kelengkapan pos ronda, keaktifan masyarakat dalam pelaksanaan pos ronda, dan peran serta masyarakat dalam pelaksanaan siskamling,” katanya, Rabu (26/6/2019).

Edy mengajak masyarakat meningkatkan kondusivitas keamanan di daerah agar warga merasa nyaman dan aman dengan digelarnya ronda malam. Ia juga berharap lomba dapat memicu warga dalam menjaga situasi Kamtibmas yang aman, nyaman dan kondusif. (rahmat/yp)