Sunday, 20 October 2019

Riko Siap Ditempatkan di Mana Saja oleh Pelatih Persija

Rabu, 26 Juni 2019 — 0:40 WIB
Riko Simanjuntak. (ist)

Riko Simanjuntak. (ist)

JAKARTA – Cedera yang dialami sejumlah gelandang Persija ‘Macan Kemayoran’ Jakarta, membuat pasukan Julio Banuelos mengalami kekosongan di lini tengah. Demi menutupinya , Riko Simanjuntak pun mengaku siap ditarik sedikit ke belakang pada laga-laga Persija selanjutnya.

Posisi baru yang diemban Riko sebagai gelandang serang bahkan sudah ia jajal saat Persija bermain imbang tanpa gol kontra tuan rumah Persela Lamongan pada ajang Shopee Liga 1 2019 di Stadion Surajaya, Lamongan, Sabtu (22/6/2019) lalu.

Bagi pemain yang akrab dengan nomor 25 ini, posisi tersebut adalah hal baru baginya. Meski demikian Riko tidak mempermasalahkan keputusan dari sang pelatih untuk memintanya bermain bukan di posisi asli.

Baginya sebagai pemain harus siap mengikuti semua instruksi. “Saya rasa kemarin mungkin gelandang Persija banyak yang cedera jadi Riko dibutuhkan diposisi lain, hal itu bisa jadi alternatif. Memang sedikit kesulitan, apalagi bukan di posisi aslinya, tapi buat bantu tim itu penting jadi selagi kita mampu.” kata mantan pemain Semen Padang itu jelang menghadapi Borneo FC pada leg pertama babak semifinal Piala Indonesia dalam keterangan tertulis yang diterima Pos Kota, Selasa (25/6).

Laga melawan Borneo FC, rencananya digelar Sabtu (29/6) mendatang. Namun sejumlah pemain Persija seperti Ismed Sofyan dan Bruno Matos kemungkinan sudah bisa dimainkan pada laga tersebut setelah dikabarkan pulih dari cedera. Namun masih ada sejumlah pemain yang terbaring dalam ruang perawatan, seperti Heri Susanto, Rezaldi Hehanussa, Adixi Lenzivio, dan Ramdani Lestaluhu. Oleh karena itu, Riko akan terus berusaha mencoba menjalani peran barunya, meski butuh adaptasi agar semakin terbiasa.

Bahkan sebelum pertandingan Persela, Riko sempat bertanya-tanya ke rekan-rekannya bagaimana bermain yang baik sebagai gelandang serang. “Kita diskusi kemarin sebelum main di posisi baru itu, pelatih ngasih informasi dari teman-teman juga ngasih tau seperti ada Rohit,” jelas Riko yang mendapat pujian dari Julio Banuelos, terkait usahanya itu. ”Riko pemain yang komplit dia bisa inside atau out side, dia selalu memberikan yang terbaik,” pujinya. (junius)