Saturday, 14 December 2019

Langgar IMB, Bangunan Mewah Empat Lantai Diobrak-abrik Petugas

Jumat, 28 Juni 2019 — 17:05 WIB
IMB

JAKARTA –  Bangunan mewah empat lantai di Jalan Pulo Raya, Kelurahan Petogokan, Kebayoran Baru, Jakarta Selayan di obrak abrik petugas. Tindakan tegas ini dilakukan kerena terbukti melanggar Izin Mendirikan Bangunan (IMB).

“Bangunan empat lantai ini menyalani IMB yakni ketinggian dan kami mendapat rekomendasi dari Sudin Cipta Karya Tata Ruang dan Pertanahan (Citata) pembangunan rumah ini tidak sesuai IMB. Jadi yang kami bongkar bagian yang melanggar IMB,” kata Kepala Satpol PP Jakarta Selatan Ujang Harmawan, Jumat (28/6).

Sebelum di bongkar,  petugas sudah berkali-kali melayangkan serangkaian peringatan kepada pemilik untuk menyesuaikan pembangungan dengan IMB yang diterbitkan Pelayan Terpadu Satu Pintu (PTSP). Namun pemilik tetap tidak menggubrisnya dan terus melanjutkan pembangunan.

“Yang jelas melanggar batas ketinggian tiga lantai untuk rumah tinggal. Makanya kami ambil tindakan tegas untuk membongkarnya,” kata Ujang.

Sementara itu, Kepala Seksi Citata Kecamatan Kebayoran Baru, Isbandiyanto menambahkan, sebelum dilakukan pembongkaran paksa, pihaknya sudah melayangkan surat peringatan, segel, hingga surat perintah bongkar (SPB) terhadap pemilik dan bangunan tersebut. Namun,  karena hingga batas waktu yang ditentukan bangunan yang melanggar IMB tak kunjung dibongkar sendiri oleh pemilik, pihaknya terpaksa mengambil tindakan tegas dengan bongkar paksa.

“Kami tidak pandang bulu, kalau pembangunan melanggar IMB maka kami ambil tindakan tegas” kata Isbandiyanto.

Kasi Citata ini juga menghimbau kepada warga yang akan membangun agar mengurus dan menyesuaikan IMB sesuai dengan aturan. Dia juga berpesan agar warga tidak menggunakan jasa calo dalam mengurus IMB.  (wandi/tri)

Terbaru

Sabtu, 14/12/2019 — 8:49 WIB
Menuju Desa Sejahtera
Panen sawi pakcoy yang dihasilkam warga RW 04 Ciracas. (ifand)
Sabtu, 14/12/2019 — 8:46 WIB
Lurah dan Warga RW 04 Ciracas Panen Sawi Pakcoy
sampah
Sabtu, 14/12/2019 — 8:23 WIB
Sampah, Harus Disingkirkan?