Sunday, 17 November 2019

Gali Sembarangan, Pemprov DKI Bakal Cabut Izin

Sabtu, 29 Juni 2019 — 16:45 WIB
Ilustrasi

Ilustrasi

JAKARTA – Pemprov DKI Jakarta meminta rekanan PLN profesional dalam pekerjaan. Sebab, akibat proyek galian PLN, Pemprov banyak mendapat keluhan warga karena ruas jalan menjadi rusak.

Saat ini, Pemprov DKI Jakarta melalui Dinas Bina Marga tengah melakukan pendataan terhadap kerusakan jalan akibat galian kabel PLN. “Kami tengah mendata secara keseluruhan. Bila masih tidak profesional maka rekanan PLN akan di-blacklist dan izinnya akan dicabut,” kata Hari Nugroho, Kepala Dinas Bina Marga DKI Jakarta, Sabtu (29/6/2019).

Hal tersebut disampaikan Hari akibat kerja rekanan PLN tidak profesional menimbulkan jalan bergelombang di sejumlah ruas jalan. Seperti di Jalan Casablanca serta beberapa lainnya.

“Sudah dikasih peringatan. Kasih peringatan kalau mengerjakan harus sesuai prosedur,” kata Hari.

Khusus untuk jalan Casablanca, terlihat jalan sangat bergelombang setelah dilakukan galian. Tapi perbaikan jalan itu sudah dilakukan sejak 20 Juni dan semua biaya perbaikan ditanggung pihak yang menggarap proyek tersebut.

Jalan bergelombang sempat muncul di Jalan Casablanca  tepatnya di depan Apartemen Puri Casablanca, atau disamping flyover yang mengarah ke Tanah Abang.

Triwitjaksana, Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta, mendesak pemprov menuntaskan perencanaan penataan utilitas di seluruh wilayah Jakarta.

Hal tersebut diperlukan agar ruas jalan di Jakarta tidak selalu digali sehingga menimbulkan kerusakan tiap tahunnya. “Meski biaya perbaikan dibebankan kepada rekanan, tapi perbaikan jalan tidak bisa bagus seperti semula,” katanya.

Menurutnya, jika sarana utilitas sudah ditata terpadu, maka proyek galian bisa dihentikan. Selama ini, ruas jalan dan saluran air sering digali oleh sejumlah instansi.

Seperti PAM Jaya, Telkom dan PLN. Tiga instansi tersebut selalu secara bergantian melakukan galian untuk perbaikan pipa atau kabel-kabel milik perusahaan itu. “Ke depan tidak bisa lagi seperti itu, makanya harus dibuat terpadu,” imbuhnya. (john/ys)

Terbaru

Kebakaran di ruko Jalan Gajah Mada, Jakarta Barat. (dwi)
Minggu, 17/11/2019 — 17:33 WIB
Ruko di Jalan Gajah Mada Kebakaran
Ilustrasi
Minggu, 17/11/2019 — 16:55 WIB
Tahun Ini, Ada 1.491 Janda-Duda di Purwakarta
Komisi III Fraksi NasDem, Taufik Basari (rizal)
Minggu, 17/11/2019 — 16:51 WIB
DPR Dukung Wacana Menko Polhukam Hidupkan KKR