Thursday, 21 November 2019

PB PABBSI Incar Juara Umum SEA Games 2019

Sabtu, 29 Juni 2019 — 8:30 WIB
Eko Yuli Irawan, salah satu lifter andalan PB PABBSI.  (ist)

Eko Yuli Irawan, salah satu lifter andalan PB PABBSI. (ist)

JAKARTA – Pengurus Besar Persatuan Angkat Berat, Binaraga, dan Angkat Besi Seluruh Indonesia (PB PABBSI) membidik gelar juara umum SEA Games 2019. Hal itu diungkapkan Wakil Ketua Umum PB PABBSI, Joko Pramono kepada para awak media dalam pemusatan latihan nasional (pelatnas) atlet angkat besi di pangkalan Marinir, Kwini, Jakarta, Jumat (28/6/2019).

Ia mengatakan target gelar juara umum dalam SEA Games 2019 berupa perolehan medali emas lebih dari dua medali. Ia optimistis untuk SEA Games 2019, atlet-atlet pelapis PABBSI akan masuk.

Joko pun menyampaikan, pemerintah sudah mengatakan atlet-atlet pelapis harus mengikuti SEA Games. “Kami ingin meraih gelar juara umum. Untuk menjadi juara umum, dibutuhkan tiga emas dan kami yakin bisa meraihnya,” ungkapnya dengan nada optimis.

Menjadi juara umum di ajang SEA Games memang bukan hal yang mustahil bagi Indonesia untuk cabor angkat besi. Sebelumnya, PB PABBSI pernah melakukan hal itu pada SEA Games Singapura 2015 dan SEA Games Kuala Lumpur 2017.

Untuk mengulangi hasil serupa pada SEA Games di Filipina, dibutuhkan program latihan yang berkelanjutan dengan menjalankan sistem promosi dan degradasi kepada para lifter, termasuk pelatih.

Pihaknya tidak menilai pelatih yang terdegradasi itu jelek. Tapi, PABBSI ingin mengembalikan pelatih untuk meningkatkan prestasi atlet-atlet di daerah. Hanya saja, mantan Komandan Korps Marinir TNI Angkatan Laut itu mengatakan bahwa atlet dan pelatih yang terdegradasi, tidak mengalami perkembangan dengan baik selama pelatnas.

Ia juga menambahkan bahwa salah satu keuntungan menggelar pelatnas di pangkalan marinir Kwini. “Karena dengan menggelar pelatnas di sini, kami semua diberikan secara gratis. Hanya saja kami harus tetap menyewa mes untuk para atlet. Lagipula untuk mess atlet tidak ada masalah karena menggunakan mess Marinir,” imbuhnya.

Sejumlah atlet putra dan putri pelatnas PABBSI melakukan tes evaluasi prestasi untuk persiapan SEA Games dan sejumlah event internasional lainnya, seperti Kejuaraan Dunia angkat besi. Mereka adalah enam atlet putri yaitu Syarah Anggraini, Yurifah Melsandi, Melinda Gusti, dan Nurul Akmal. Kemudian tujuh atlet putra yaitu Muhammad Faathir, Surahmat, Eko Yuli Irawan, Mohammad Yasin, Deni, Triyatno, dan Rahmat Erwin Abdullah.

“Tes evaluasi kali ini memang tidak hanya untuk persiapan SEA Games 2019, tapi juga sebagai persiapan untuk Kejuaraan Dunia karena ini merupakan program yang berkelanjutan,” ungkap kepala pelatih PB PABBSI, Dirja Wihardja. (junius/ys)