Monday, 21 October 2019

Kemarau, Air Waduk Setu Menyusut 1 Meter

Senin, 1 Juli 2019 — 6:33 WIB
Waduk Setu di Kelurahan Setu, Cipayung, Jakarta Timur. (ifand)

Waduk Setu di Kelurahan Setu, Cipayung, Jakarta Timur. (ifand)

JAKARTA – Musim kemarau memberikan beberapa perubahan. Salah satunya, debit air Waduk Setu di Kelurahan Setu, Cipayung, Jakarta Timur, yang terus menyusut akibat hujan yang tak juga turun.

Pemandangan itu sudah berlangsung sejak pertengah Juni 2019. Kedalaman waduk yang sebelumnya mencapai sekitar 3 meter berangsur menyusut.

“Sudah lama nggak hujan jadi airnya menyusut sekitar satu meter lah,” ujar Mahan (52), warga, Minggu (30/6/2019).

Menurutnya, saat ini menyusutnya debit air belum terasa di waduk buatan yang dibangun Pemprov DKI sebagai tempat penampungan air itu. Namun ia khawatir kedalaman air terus berkurang meningat musim kemarau masih panjang.

“Dulu pas musim kemarau sekitar tahun 2015 itu waduk benar-benar kering, sampai kelihatan dasarnya. Soalnya waktu itu musim kemarau hampir delapan bulan,” katanya.

ia khawatir air terus menyusut. Selama ini seluruh warga RW 05 Kelurahan Setu yang bermukim dekat waduk menggunakan air tanah untuk keperluan sehari-hari. jadi bila waduk kering, ribuan warga dipastikan kesulitan mendapat akses air bersih.

“Takut kayak tahun 2015 lalu, karena warga juga kena dampaknya. Mudah-mudahan sih musim kemarau enggak lama,” harapnya.

Lain lagi dengan Noval yang kerap memancing ikan di waduk itu. Ia menilai penyusutan air mempengaruhi jumlah pemancing yang datang. “Kalau hujan nggak turun-turun ya pasti terus menyusut, ya mudah-mudahan saja musim kemarau nggak lama,” tambahnya. “Ini yang datang memancing ikut-ikutan menyusut jumlahnya.”

Noval mengaku, sebagai penggemar mancing, memang sangat berharap kondisi waduk terus stabil. Bila memang waduk sampai kering, tak ada lagi lokasi yang bisa digunakan menyalurkan hobinya.

“Apalagi sekarang cari tempat kayak begini sudah susah banget, paling kalau ada ya tempat pemancingan yang bayar,” ujar pria 35 thun ini. (ifand/yp)