Sunday, 17 November 2019

Rantangan di Lebaran Orang Depok akan Digelar Tiap Tahun, Ini Alasannya

Senin, 8 Juli 2019 — 19:30 WIB
Walikota Depok Muhammad Idris didampingi Wakil Walikota Pradi Supriatna dan anggota Saudagar KOOD saat makan bersama atau rantangan. (anton)

Walikota Depok Muhammad Idris didampingi Wakil Walikota Pradi Supriatna dan anggota Saudagar KOOD saat makan bersama atau rantangan. (anton)

DEPOK  – Kegiatan ‘rantangan’ di hari terakhir Lebaran Orang Depok yang digelar oleh Kumpulan Orang Orang Depok (KOOD) meriah dipadati pengunjung. Walikota dan wakil walikota Depok bersama seluruh jajaran lesehan bareng  dalam gelaran  di  halaman parkir perumahan Sawangan Village,  Sawangan Baru, Depok,  tersebut.

“Ini salah satu bentuk menjaga dan memperkuat budaya Betawi di pinggiran Jakarta yang semakin terkikis jaman dengan berkembangannya pembangunan, ” kata Walikota Depok Muhammad Idris didampingi Wakil Walikota Pradi Supriatna dan Ketua Kumpulan Orang Depok (Kood) Ahmad Dahlan,  Senin (8/7).

Tidak itu saja,  tambah dia,  rantangan merupakan salah satu tradisi Orang Betawi setiap sebelum Hari Raya Idul Fitri atau lebaran dengan cara membawa rantang yang berisi aneka masakan serta lauk pauk.

“Yang jelas kegiatan Lebaran Orang Depok harus dipertahankan dan harus dijadikan kegiatan tahunan karena dapat menjadi acara silahturahmi orang Depok, ” tuturnya.

Potensi Industri Wisata

Sementara, Ketua Suadagar KOOD H. Acep Al Azhari didampingi Ketua KOOD Ahmad Dahlan, menambahkan ini kegiatan pertama dan harus menjadi langkah ke depan agar lebih baik lagi serta menjadi kegiatan rutin tahunan.

“Banyangkan warga Depok datang cukup banyam jadi perlu perhatian pemerintah daerah khususnya Pemkot Depok, ” tuturnya.

Tidak hanya sebagai acara siremonial dan mempertahankan budaya Betawi saja,   imbuh dia,  tapi juga dapat menjadi potensi industri wisata untuk meningkatkan hasil usaha mikro menengah kecil (UMKM) yang begitu banyak di masyarakat Kota Depok karena produksi dan hasilnya tidak kalah kualitasnya dibandingkan daerah lain.  (anton/win)

Terbaru

Kebakaran di ruko Jalan Gajah Mada, Jakarta Barat. (dwi)
Minggu, 17/11/2019 — 17:33 WIB
Ruko di Jalan Gajah Mada Kebakaran
Ilustrasi
Minggu, 17/11/2019 — 16:55 WIB
Tahun Ini, Ada 1.491 Janda-Duda di Purwakarta
Komisi III Fraksi NasDem, Taufik Basari (rizal)
Minggu, 17/11/2019 — 16:51 WIB
DPR Dukung Wacana Menko Polhukam Hidupkan KKR