Thursday, 17 October 2019

Timnas Basket Putra Optimis Bisa Bersaing di William Jones Cup

Kamis, 11 Juli 2019 — 8:55 WIB
Timnas basket putra Indonesia (ist/Perbasi)

Timnas basket putra Indonesia (ist/Perbasi)

JAKARTA – Pelatih Tim nasional basket putra Indonesia, Wahyu Widayat Jati, hanya memboyong 12 pemain ke William Jones Cup 2019 yang berlangsung di Taiwan mulai Jumat (12/7) besok.

Dari 15 nama yang mengikuti seleksi, pria yang akrab disapa Cacing itu mencoret tiga pemain. Mereka yang dicoret adalah Rizal Falconi, Reza Guntara, dan David Nuban.  Falconi mengalami cedera, sementara Guntara dan Nuban dianggap belum layak membela tim nasional.

Melihat komposisi pemain yang ada, Cacing tetap percaya diri tim nasional Indonesia setidaknya bisa berbicara pada William Jones Cup 2019. Meski tanpa target, tim Garuda diharapkan tidak mengecewakan.

“Buat mereka, saya mau lihat energi dan dan fighting spirit mereka. ini kan cuma di William Jones Cup. Nanti target utama di SEA Games dan Kualifikasi FIBA Asia,” ujar Cacing saat dijumpai di GOR Soemantri, Senin (8/7/2019).

William Jones Cup menerapkan aturan di mana setiap tim tak dibatasi pemain asing dan naturalisasinya. Mengetahui hal tersebut, Cacing ingin anak asuhnya tampil tanpa beban.

“Rata-rata yang ikut itu kalau bukan timnas atau pemain yang dikumpulkan untuk showcase. Istilahnya pemain bayaran, kami mungkin jadi tim yang benar-benar menggunakan pemain lokal,” tutur Cacing.

Selain 12 pemain lokal, tim nasional basket Indoensia juga akan diperkuat satu penggawa asing yakni Chester Jarell Giles. Mantan penggawa Pelita Jaya tersebut telah bergabung dengan tim Garuda sejak pekan lalu. (junius/tri)