Tuesday, 19 November 2019

Lima Orang Terkena OTT di Pesanggrahan

Sabtu, 13 Juli 2019 — 17:07 WIB
Buang sampah sembarangan, orang tua ini  diamankan petugas. (wandi)

Buang sampah sembarangan, orang tua ini diamankan petugas. (wandi)

JAKARTA  – Buang sampah sembarangan lima orang warga Kecamatan Pesanggrahan terjaring Operasi Tangkap Tangan (OTT). Kelima orang tersebut selain dibikin berita acara juga didenda sebesar Rp 100 ribu sebagai retribusi yang akan disalurkan ke negara.

Camat Pesanggrahan Irpan Jauhari mengatakan, kelima orang tersebut tertangkap tangan oleh petugas yang terdiri dari Satpol PP, Satpel Lingkungan Hidup, pihak kelurahan dan kecamatan dalam kegiatan operasi yang digelar pada Jumat malam

“Sesuai dengan Perda 3 tahun 2013 Tentang Pengelolaan Sampah, setiap orang yang tertangkap di denda sebesar Rp 100 ribu sebagai retribusi yang akan disalurkan ke negara,” ujar Irpan.

Camat menambahkan, selain diberikan denda, para pelanggar tersebut juga diberikan surat peringatan dan diberikan pengarahan untuk tidak mengulangi perbuatannya lagi. Operasi OTT buang sampah sembarang itu untuk menimbulkan kesadaran atau cara berpikir masyarakat untuk tidak lagi membuang sampah sembarang.

Menurut Irpan, membuang sampah sembarangan bukan hanya sekadar merusak lingkungan, tetapi sudah menjadi sebuah bentuk pelanggaran aturan.

“Dari Satpel LH sudah melakukan sosialisasi dan pemasangan tulisan dilarang buang sampah tetapi tidak dihiraukan oleh warga,” tandasnya.

Sementara itu Kasduloh, 56, salah seorang pelaku mengaku kaget saat diamankan petugas.  Saat itu memang dirinya sedang membawa kantong plastik kresek yang berisi sampah.

“Saat saya buang,  tiba-tiba ada dua petugas mendekati saya dan mengamankan.  Awalnya saya sempat protes tapi akhirnya pasrah juga,”kata Warga Petukangan ini.  (wandi/win)