Saturday, 14 December 2019

Uji Emisi Gratis Berlanjut Rabu dan Kamis

Selasa, 16 Juli 2019 — 23:06 WIB
Pelaksanaan uji emisi gratis di Pintu Satu Senayan di Jalan Asia Afrika. (ist)

Pelaksanaan uji emisi gratis di Pintu Satu Senayan di Jalan Asia Afrika. (ist)

JAKARTA – Uji emisi kendaraan gratis yang digelar Sudin Lingkungan Hidup (LH) Jakarta Pusat (Jakpus) di kawasan Pintu Satu Senayan di Jalan Asia Afrika, Tanah Abang, Selasa (16/7/2019) diminati masyarakat. Tercatat sebanyak 1.127 kendaraan baik mobil dinas, pribadi dan umum melakukan pemeriksaan.

Kasudin LH Jakpus, Marsigit mengatakan uji emisi ini tiap tahun secara rutin dilaksanakan, sebagai upaya untuk menciptakan kualitas udara yang bersih dan sehat tidak tercemar oleh polusi.

“Kami melakukan uji emisi secara gratis selama tiga hari, yaitu di Pintu Satu Senayan atau Jalan Asia Afrika, besok (Rabu 17/7/2019) di Monas dan Kamis (18/7/2019) dilaksanakan di Jalan Benyamin Suaeb. Target uji emisi selama 3 hari adalah 2.000 kendaraan,” katanya.

Pelaksanaan uji emisi di Jalan Asia Afrika yang dimulai pukul 08.00 hingga 15.00 banyak warga yang memeriksakan mobilnya. Tercatat sebanyak 1.127 kendaraan baik dinas, pribadi dan umum yang melakukan uji emisi.

Dari 1.127 mobil yang uji emisi tersebut, yang lulus untuk bahan bakar bensin sebanyak 967 kendaraan dan bahan bakar disel sebanyak 77 kendaraan. Sedangkan yang tidak lulus untuk bahan bakar bensin sebanyak 4 kendaraan dan bahan bakar diesel sebanyak 79 kendaraan.

“Bagi yang lulus langsung ditempei stiker lulus uji emisi. Sedangkan kendaraan yang tidak lulus agar dilakukan pemeriksaan di bengkel,” jelas Marsigit.

Sementara itu, Yanto, sopir mobil boks mengaku sangat mendukung dengan adanya uji emisi gratis ini, karena sangat membantu masyarakat untuk memeriksakan kendaraannya. “Tadi kebetulan lewat di kawasan sini, ya sekalian aja ikut uji emisi. Apalagi gratis,”ucapnya. (tarta/win)