Tuesday, 10 December 2019

Gabung di Grup G, Jalan Terjal Timnas Indonesia Menuju Piala Dunia 2022

Rabu, 17 Juli 2019 — 21:36 WIB
Ifan Bachdim bersama pemain Timnas Indonesia merayakan gol. (instagram timnas.indonesia)  pssi.org

Ifan Bachdim bersama pemain Timnas Indonesia merayakan gol. (instagram timnas.indonesia) pssi.org

MALAYSIA – Tim nasional Indonesia masuk dalam Grup G pada fase kedua babak kualifikasi Piala Dunia 2022 dan Pra Piala Asia 2023. Berdasarkan hasil undian yang digelar di AFC House, Kuala Lumpur, Malaysia, Rabu (17/7/2019), tim Garuda berada di grup yang sama dengan Uni Emirat Arab (UEA), Vietnam, Thailand, dan Malaysia.

Dari kelima tim di Grup G, hanya UEA yang berasal dari Asia Barat. Sementara sisanya, semua berasal dari Asia Tenggara. Sebelum diundi, Indonesia sejatinya masuk dalam pot kelima, yang artinya menjadi tim dengan peringkat FIFA terendah di grup ini. Itu artinya ambisi Indonesia untuk bisa melewati fase kedua babak kualifikasi, bukan hal yang mudah. Berdasarkan aturan, hanya akan ada 12 tim yang akan lolos ke fase ketiga babak Kualifikasi Piala Dunia 20222 zona Asia. Mereka, adalah 8 juara di masing-masing grup, ditambah empat peringkat kedua terbaik.

Itu artinya, empat peringkat kedua terburuk, dipastikan tersingkir. Dari 12 tim yang lolos, akan dikelompokkan ke dua grup berbeda. Juara dan runner-up grup di ronde ketiga akan otomatis lolos ke Piala Dunia 2022. Sementara itu, dua tim yang duduk di peringkat ketiga grup, akan bertarung untuk memperebutkan satu tiket ke play-off interkonfederasi. Aturan Lolos Kualifikasi Piala Asia 2023 40 tim yang masuk di ronde kedua kualifikasi Piala Asia 2023, semuanya berpeluang lolos ke tahap berikutnya, namun dengan rincian berbeda.

Juara grup dan empat runner-up terbaik akan otomatis lolos ke Piala Asia 2023 yang digelar di Cina. Sementara itu, empat runner-up terburuk masuk ke ronde ketiga kualifikasi Piala Asia. Mereka akan ditemani 8 tim peringkat ketiga dari tiap-tiap grup, dan 4 tim peringkat keempat terbaik. Dengan demikian, tim yang lolos ke ronde ketiga berjumlah 16 tim. Masih ada kesempatan untuk empat tim peringkat keempat terburuk. Mereka akan bertarung di babak play-off menghadapi 8 tim terbawah dari tiap-tiap grup. Total, ada 12 tim di babak ini.

Sedangkan di Grup C akan ada tiga wakil Asia Barat yang bertarung. Mereka adalah Iran, Irak, dan Bahrain. Dua tim lain adalah Hong Kong dari Asia Timur, dan Kamboja yang berasal dari Asia Tenggara. Derby Semananjung Korea bakal mewarnai Grup H. Selain dua negara Korea, grup ini juga dihuni Libanon, Turkmenistan, dan Sri Lanka. Jepang, tim yang selalu lolos ke Piala Dunia sejak 1998, berada di Grup F. Tim berjuluk Samurai Biru itu akan berjumpa dengan Kirgistan, Tajikistan, Myanmar, dan Mongolia. Keempat tim tersebut relatif mudah ditaklukkan Jepang yang pada edisi Juni 2019, ada di peringkat 26 FIFA. (junius/yp)

Hasil undian fase kedua babak kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia:

Grup A: Tiongkok, Suriah, Filipina, Maladewa, Guam
Grup B: Australia, Yordania, Taiwan, Kuwait, Nepal
Grup C: Iran, Irak, Bahrain, Hong Kong, Kamboja
Grup D: Arab Saudi. Uzbekistan, Palestina, Yaman, Singapura
Grup E: Qatar, Oman, India, Afghanistan, Bangladesh
Grup F: Jepang, Kirgistan, Tajikistan, Myanmar, Mongolia
Grup G: UEA, Vietnam, Thailand, Malaysia, Indonesia
Grup H: Korea Selatan, Libanon, Korea Utara, Turkmenistan, Sri Lanka