Friday, 18 October 2019

Laporan Terhadap Caleg DPRD DKI dari Partai Gerindra Dicabut

Kamis, 18 Juli 2019 — 14:40 WIB
Gerindra

Gerindra

JAKARTA – Laporan terhadap calon legislatif (Caleg) DPRD DKI Jakarta dari Partai Gerindra, Wahyu Dewanto, telah dicabut oleh Polda Metro Jaya.

Sebelumnya ia dilaporkan atas dugaan tindak pidana politik uang dalam penyelenggaraan Pemilihan Umum (Pemilu) 2019.

Adapun pencabutan laporan itu berdasarkan Surat Nomor 026/S/LAHIR-JKT/XI/2019 tanggal 16 Juli yang dikirimkan pelapor atas nama Yupen Hadi.

“Surat itu perihal permohonan pencabutan laporan Polisi yang ditujukan kepada Kapolda Metro Jaya, Kasubdit Kamneg Ditreskrimum Polda Metro Jaya.

Alasannya karena pekaranya sudah diselesaikan secara musyawarah dengan internal Partai Gerinda,” ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Argo Yuwono ketika dikonfirmasi wartawan, Kamis (18/7/2019).

Terkait pencabutan laporan tersebut, penyidik telah melakukan pemeriksaan terhadap Yupen Hadi selaku pelapor.

“Kita telah memeriksa pelapor Yupen Hadi terkait pencabutan laporan polisi sebagaimana tertuang dalam BAP pencabutan laporan polisi. Kita juga telah melakukan gelar perkara penghentian penyidikan,” kata Argo.

Wahyu Dewanto sendiri diketahui telah mengundurkan diri sebagai Caleg Partai Gerindra DKI Dapil 8 Jakarta Selatan. Argo menjelaskan, surat pengunduran diri itu ditujukan kepada KPUD DKI Jakarta tertanggal 15 Juli 2019.

Sebelumnya, Polda Metro Jaya membuat pengumuman Daftar Pencarian Orang (DPO) dengan tersangka Wahyu Dewanto. Surat pengumuman tersebut terdaftar dengan nomor surat DPO/205/VII/2019/Ditreskrimum tanggal 12 Juli 2019.

Penyidikan kasus tersebut awalnya ditangani penyidik Sentra Gakkumdu dan berkas perkara telah dikirimkan ke Kejaksaan Agung. Selama penyidikan, Wahyu tak memenuhi dua kali panggilan dari penyidik. (firda/tri)

Terbaru

Penutupan jalan di sekitar gedung DPR, Jakarta Pusat.
Jumat, 18/10/2019 — 11:28 WIB
Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden RI
Selama 4 hari, Polisi Tutup Jalan di Sekitar Gedung DPR
Kombes Suyudi Ario Seto pantau Kamtibmas di jalanan bersama Team Morres. (ist)
Jumat, 18/10/2019 — 10:39 WIB
Atasi Aksi Anarkis Massa
Jelang Pelantikan Presiden, Polda Metro Jaya Terjunkan Team Morres