Sunday, 17 November 2019

International Champions Cup

Juventus vs Tottenham Hotspur, De Ligt Siap Debut Bersama Si Nyonya Tua

Sabtu, 20 Juli 2019 — 16:55 WIB
Matthijs de Ligt siap menjalani debutnya bersama Juventus pada ajang ICC. (juventus.com)

Matthijs de Ligt siap menjalani debutnya bersama Juventus pada ajang ICC. (juventus.com)

SINGAPURA – ​Laga sengit bakal tersaji pada ajang International Champions Cup (ICC) 2019 di Stadion Nasional, Singapura, Minggu (21/7/2019) pukul 18:30 WIB. Dengan status juara bertahan Liga Serie A Italia, Juventus bakal ditantang wakil Liga Primer Inggris yang juga runner up Liga Champions 2018/2019, Tottenham Hotspur, dengan misi berbeda.

Juventus ingin menjadikan ICC tahun ini untuk menempa performa para pemain muda demi menambah ‘jam terbang’ mereka jelang dimulainya musim kompetisi 2019-2020.

Sorotan tentu saja akan tertuju kepada Matthijs de Ligt yang baru saja direkrut dari Ajax Amsterdam di bursa transfer musim panas ini. Bek berusia 19 tahun itu diharapkan bisa menjadi pengganti sepadan Giorgio Chiellini. Apalagi ia sangat tertantang dengan ‘Sarriball’ saat hijrah ke Juventus.

Sarriball adalah filosofi permainan sepakbola yang kerap diterapkan pelatih, Maurizio Sarri. “Saya berbicara sangat singkat dengan Sarri lewat telepon untuk mengenalnya, tak lebih dari itu. Dia juga menjadi salah satu dari banyak alasan saya datang ke Juventus karena saya mendengar banyak kisah mengenai dia, caranya bermain, filosofinya, sepakbola menyerang dan gaya bertahan. Jadi dia merupakan alasan besar buat saya,” katanya, dikutip Football Italia.

De Ligt juga menyatakan jika dirinya merupakan seorang pecinta pertahanan gerendel ala Italia. Ia pun bakal merasakan pengalaman baruya bersama Juventus saat meladeni Tottenham yang tampil dengan ambisi melihat kemampuan Mauricio Pochettino sebagai ahli strategi. Pelatih asal Argentina itu bakal mendapat ujian untuk memperkaya strategi permainan Tottenham yang selama ini dianggap masih monoton. Apalagi dengan datangnya sejumlah pemain anyar.

Seperti diketahui, Tottenham baru saja mendatangkan satu pemain, yakni Tanguy Ndombele. Sebagai pembelian termahal klub sepanjang sejarah, mantan pemain Lyon itu hampir pasti akan mengawal lini tengah Spurs di Singapura.

“Saya pikir kedatangan Tanguy (Ndombele red) akan memberikan kami banyak opsi dalam menerapkan strategi permainan musim depan. Saya pun sudah tidak sabar untuk melihatnya bermain pada laga nanti,” ungkap Pochettino.

Selain ambisi berbeda yang diusung oleh kedua tim di atas, laga ini juga bisa menjadi ajang pembuktian bagi para pemain rekrutan lama yang dianggap kurang bersinar sepanjang musim 2019-2020. Salah satunya, Cristiano Ronaldo di kubu Juventus. Bomber asal Portugal tersebut masih belum bisa tampil dengan posisi terbaiknya seperti yang ia lakukan bersama Real Madrid.

Pada laga sebelumnya, Fiorentina kalahkan Guadalajara 2-1 dan Arsenal taklukkan Bayern München 2-1. (junius/ys)

Juventus vs Tottenham Hotspur

Minggu (21/7) pukul 18:30 WIB

Stadion Nasional

REKOR PERTEMUAN:

08/03/18, Tottenham vs Juventus 1-2

14/02/18, Juventus vs Tottenham 2-2

05/08/17, Tottenham vs Juventus 2-0

26/07/16, Juventus vs Tottenham 2-1