Friday, 13 December 2019

Ada Lebaran Betawi, Jalan Sekitar Monas Macet

Minggu, 21 Juli 2019 — 9:59 WIB
Suasana kemacetan di Jalan         Medan Merdeka Barat dan Medan Merdeka  Selatan.(yendhi)

Suasana kemacetan di Jalan Medan Merdeka Barat dan Medan Merdeka Selatan.(yendhi)

JAKARTA –  Ada acara puncak perayaan Lebaran Betawi, beberapa ruas jalan di sekitar kawasan Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat macet parah, khususnya di Jalan Medan Merdeka Barat dan Jalan Medan Merdeka Selatan, Minggu (21/7/2019).

Kepadatan kendaraan karena banyaknya masyarakat yang hendak menyaksikan acara puncak Lebaran Betawi yang di gelar di Simpang Monas. Acara ini telah dimulai sejak Jumat (19/7/2019).

Kendaraan baik roda dua maupun roda empat terlihat mengular di Jalan Medan Merdeka Barat bahkan nyaris tidak bisa bergerak.

Panjangnya kemacetan karena terjadi kepadatan di sekitar area pintu masuk Irti Monas karena pengunjung antri untuk parkir kendaraan.

Kondisi semakin semrawut lantaran pengunjung secara berkala menyeberang jalan secara berbondong-bondong membuat kendaraan harus menurunkan laju kendaraan.

Faktor lain karena Jalan Sudirman dan MH. Thamrin masih digunakan untuk acara rutin mingguan yakni Car Free Day. Sehingga semua kendaraan dari arah Medan Merdeka Barat di arahkan ke Medan Merdeka Selatan.

Sejumlah petugas kepolisian dan Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta terlihat berjaga di sepanjang jalan untuk mengurai kemacetan dan membantu warga yang hendak menyeberang jalan.

Ketua Panitia Lebaran Betawi, M Rifqi, mengatakan lebaran Betawi dimeriahkan oleh beragam acara yang mengandung unsur kesenian khas Betawi, antara lain sohibul hikayat, tanjidor, gambus, marawis, palang pintu, tarian Betawi, atraksi silat Betawi, gambang kromong, hingga lenong. Khusus hari ini akan ada karnaval budaya.

“Hari ketiga ini turut dimeriahkan dengan acara puncak, yaitu sorendo-rendo, karnaval budaya Nusantara,” kata Rifqi dalam siaran Pers, Kamis (18/7/2019). (yendhi/tri)