Saturday, 14 December 2019

Calon Pengantin Baru Harus Tes Urine

Minggu, 21 Juli 2019 — 5:30 WIB
Petugas lakukan tes urine bagi calon pengantin .

Petugas lakukan tes urine bagi calon pengantin .

BOGOR  – Meminimalisir pengguna narkoba di bumi Tegar Beriman, BNNK Bogor terus melakukan terobosan. Salah satunya yakni, melakukan tes urine bagi calon pengantin baru yang akan melangsungkan pernikahannya di Kabupaten Bogor.

Agar program ini memiliki landasan hukum, BNNK melakukan MoU dengan kantor Agama Kabupaten Bogor. Budi Nugraha, Ketua BNNK Bogor mengatakan, dalam melakukan pencegahan akan penyalagunaan narkotika di Kabupaten Bogor, pihaknya akan terus melakukan tes urine ke semua ASN dan pejabat di Kabupaten Bogor, selain bagi calon pengantin.

“Mencegah pengguna baru narkotika, kami BNK terus gencar. ASN kami rutin tes urine. Calon pengantin baru juga sama. MoU BNNK dengan kantor agama sudah. Nanti masyarakat umum juga kami akan lakukan hal yang sama. Lokasinya nanti kami tentukan sesuai dengan data wilayah yang selama ini menjadi wilayah merah peredaran narkotika,” kata Budi.

Budi Nugraha yang menjadi pembicara pada acara P4GN (pencegahan, pemberantasan, penyalagunaan dan peredaran gelap narkoba) menegaskan, harus ada kesadaran bersama, bahwa narkoba merupakan musuh bersama.

Ia menegaskan, terkait tes urine bagi calon pengantin baru, jika terbukti, maka kantor Agama harus mengambil tindakan dengan menunda pernihakan dan calon pengantin yang positif memakai narkoba, harus menjalani rehabilitasi.

Budi Nugraha juga bersyukur, adanya peran aktif dari Granat (gerakan anti narkotika) yang secara aktif ikut terlibat dalam meng-edukasi generasi muda tentang bahaya narkoba.

BNNK Bogor dengan Granat Kabupaten Bogor saling melengkapi dengan berbagi data terkait sosialiasi dan materi narkoba, untuk terus disebar ke tengah masyarakat.

Ketua DPC Granat Kabupaten Bogor, Ivan Fadilah mengatakan, DPC Granat Kabupaten Bogor terus bersinergi dengan lembaga BNNK dan Kasat Narkoba Polres Bogor.

“Kemarin Jumat (19/7/2019)  ada kunjungan dari BNNK Bogor yang dipimpin Kompol Supeno, Kasi pencegahan pada BNNK. Mereka datang ke kantor saya dan kami berdiskusi dan berbagi pandangan selama dua jam. Granat komit akan pencegahan narkoba. Kami akan terjun ke sekolah-sekolah. Kami mulai dari tingkat SD hingga SMA dengan materinya berupa gambar animasi yang disesuaikan dengan tingkat pendidikan,” kata Ivan. (yopi/win)