Monday, 18 November 2019

Ke Indonesia, Nigeria Belajar Pengelolaan Zakat

Minggu, 21 Juli 2019 — 23:59 WIB
SOZECOM, atau lembaga zakat dari Nigeria berkunjung ke Kantor Baznas, di Jakarta, Minggu (21/7) yang diterima Ketua Baznas Bambang Sudibyo. (johara)

SOZECOM, atau lembaga zakat dari Nigeria berkunjung ke Kantor Baznas, di Jakarta, Minggu (21/7) yang diterima Ketua Baznas Bambang Sudibyo. (johara)

JAKARTA – Sokoto State Zakat and Waqf Commission (SOZECOM) atau lembaga zakat dari Nigeria, berkunjung ke Kantor Badan Amil Zakat Nasional (Baznas ) di Jakarta, Minggu (21/7/2019). Kedatangan ini terkait Nigeria yang ingin belajar pengelolaan zakat dari Indonesia.

Perwakilan Zakat Nigeria diterima oleh Ketua Baznas Bambang Sudibyo dan komisioner lainnya. Sedangkan dari pihak Nigeria hadir Ketua SOZECOM Muhammad Lawal Maidoki, Gubernur Sokoto, Aminu Waziri Tambuwal, termasuk duta besar Nigeria untuk Indonesia.

Bambang mengatakan keberhasilan pengelolaan zakat di Indonesia dijadikan contoh oleh berbagai negara di dunia, Salah satunya datang dari benua Afrika, Nigeria.

SOZECOM, menurut Bambang, adalah organisasi pengelola zakat dari negara bagian Sokoto. Nigeria belajar langsung dari program-program penghimpunan dan penyaluran Baznaz.
Kedua pihak kemudian sepakat menjalin kerjasama yang dituangkan dalam nota kesepahaman (MoU), ditandatangani oleh Ketua Baznas, Prof. Dr Bambang Sudibyo, MBA, CA dan Ketua SOZECOM, Muhammad Lawal Maidoki.

Dalam keterangannya, Muhammad Lawal Maidoki mengatakan, pihaknya berkunjung ke Baznas untuk mengetahui pengelolaan zakat di Indonesia, termasuk manfaatnya dalam mengurangi kemiskinan.

“Sebab itu, dalam kunjungan kami juga akan meninjau sekolah gratis yang didanai dari dana zakat melalui program pendidikan Sekolah Cendekia Baznas (SCB) di daerah Bogor,” terang Maidoki. (johara/yp)