Monday, 09 December 2019

800 Ribu Benih Ikan Disebar di Danau di Jakarta Timur

Selasa, 23 Juli 2019 — 3:48 WIB
Penebaran benih ikan di waduk Setu, Cipayung. (Ifand)

Penebaran benih ikan di waduk Setu, Cipayung. (Ifand)

JAKARTA – Upaya untuk mengajak warganya gemar memakan ikan terus digalangkan Suku Dinas Ketahanan Pangan Kelautan dan Pertanian (KPKP) Jakarta Timur. Dimana sejak Januari hingga Juli, mereka menebar 815.550 benih ikan agar bisa dimanfaatkan masyarakat.

Kepala Seksi Perikanan Sudin KPKP Jakarta Timur, Supriyadi Saleh mengatakan, pihaknya terus menggiatkan penebaran benih ikan agar bisa dimanfaatkan warga. Diharapkan, dipertengahan tahun ini, benih ikan yang disebar sudah bisa dipanen warga. “Karena selama ini kami telah tebar benih ikan di waduk-waduk maupun di kolam serta empang milik warga,” katanya, Senin (22/7/2019).

Menurutnya, sejak awal tahun hingga saat ini, pihaknya telah menebar benih ikan sebanyak 815.550. Rinciannya, 500 ribu benih ikan ditebar di  Waduk Setu, Rawa Babon, Aneka Elok, H. Dogol, Agro Wisata Cilangkap dan sejumlah waduk lainnya. “Sedangkan  315.550 ekor ditebar di kolam milik warga berdasar permintaan,” ujarnya.

Ditambahkan Supriyadi, meski sudah banyak benih ikan yang ditebar, namun permohonan warga masih sangat banyak. Pasalnya, beberapa sekolah mulai dari tingkat SD, SMP hingga SMA/SMK serta permintaan dari pengelola ruang publik terpadu ramah anak (RPTRA) juga meminta benih ikan. “Semua permintaan itu akan kami tangani sambil menunggu benih ikan siap,” tuturnya.

Benih ikan yang selama ini ditebar, kata Supriyadi, adalah jenis ikan mas dan nila gift. Kedua jenis ikan ini dinilai sangat cocok hidup di waduk, danau, setu atau perairan tawar lainnya karena memiliki daya tahan lebih kuat dibanding jenis ikan lainnya. “Selain itu, jenis ikan ini lebih cepat beradaptasi dan berkembang biak,” tukasnya. (ifand)