Tuesday, 10 December 2019

Pelajar di Jakarta Selatan Diberi Wawasan Kebangsaan

Rabu, 24 Juli 2019 — 7:55 WIB
Ratusan pelajar setingkat SLTA di Jakarta Selatan mengikuti kegiatan wawasan Kebangsaan. (wandi)

Ratusan pelajar setingkat SLTA di Jakarta Selatan mengikuti kegiatan wawasan Kebangsaan. (wandi)

JAKARTA – Derasnya perkembangan arus globalisasi dan informasi teknologi saat ini tentu sangat berpotensi mengganggu karakter kebangsaan terutama generasi muda. Kondisi ini pemerintah memiliki peranan penting dan bertanggungjawab mengedukasi dan meningkatkan wawasan kebangsaan para generasi muda, terutama para pelajar.

Hal ini diungkapkan oleh Wakil Walikota Jakarta Selatan Isnawa Adji ketika membuka kegiatan Pemantapan Wawasan Kebangsaan bagi pelajar SMA dan SMK di Jakarta Selatan. Hal ini penting karena derasnya informasi teknologi ini tentu sangat berdampak buruk jika tidak bisa menyaringnya.

“Makanya adanya program pemerintah melalui Kesbangpol (Kesatuan Bangsa dan Politik) memiliki tanggung jawab yang besar mengedukasi peningkatan wawasan kebangsaan kepada anak didik kita. Makanya dengan adanya kegiatan ini kami sangat mendukungnya,” ujar Isnawa Adji di depan ratusan pelajar SMA dan SMK.

wawasan kebangsaan2

Wakil Walikota juga menjelaskan, di tengah-tengah berkembang pesatnya globalisasi dan kemudahan komunikasi lain tentunya generasi muda Indonesia termasuk di Jakarta Selatan, punya tantangan sendiri dalam memaknai wawasan kebangsaan.

Satu dekade terakhir ini perubahan informasi yang sedang berkembang saat ini terlalu besar membuat anak-anak harus punya pegangan terhadap wawasan kebangsaan. Punya rasa cinta yang dalam kepada Indonesia yang hiterogen dengan suku agama dan ras golongan. Harus bisa memaknai perubahan dan strata-strata sosial dan lain-lain.

Sementara Kepala Suku Badan Kesbangpol Jakarta Selatan Mohamad Matsani menambahkan, bahaya ancaman narkoba dan derasnya informasi teknologi, hoaks serta kebencian sangat memprihatinkan. Melihat kondisi ini Kesbang berupaya membentuk karakter anak-anak muda di Jakarta Selatan yang dapat menghindari bahkan mendekatinya.

wawasan kebangsaan3

“Tujuan kegiatan ini untuk meningkatkan pemahaman pelajar tentang wawasan kebangsaan. Kegiatan ini juga diharapkan bisa menumbuhkan semangat gotong-royong para pelajar dan ikut bersama-sama memberantas narkoba dan menghindari kenakalan remaja,”terang Muhammad Matsani.

Kepala Kesbangpol juga menambahkan, dalam kegiatan Peningkatan Wawasan Kebangsaan ini diikuti sebanyak 100 pelajar. Mereka berasal dari SMK 37, SMA 46,43 86 dan SMA 108. (wandi/yp)