Monday, 09 December 2019

Sejumlah Produsen Otomotif akan Boyong Kendaraan Listriknya ke Indonesia

Jumat, 9 Agustus 2019 — 10:39 WIB
Salah satu jenis mobil listrik

Salah satu jenis mobil listrik

JAKARTA –  Sejumlah produsen otomotif  akan mulai memboyong kendaraan listriknya ke Indonesia. Misalnya, Toyota akan segera mempromosikan mobil listriknya untuk kendaraaan komersial di Indonesia.

Direktur Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi, dan Elektronika (ILMATE) Kementerian Perindustrian Harjanto mengatakan, salah satu yang akan diboyong pabrikan Jepang tersebut adalah bus listrik.

“Sebagai pilot project Toyota di Indonesia, uji coba akan dilakukan di beberapa wilayah, seperti kawasan pariwisata dan beberapa kota besar untuk digunakan sebagai angkutan umum. Yang terpenting, charging station harus disiapkan, di samping insentif lainnya,” ungkap Harjanto, dalam keterangan tertulisnya, Jumat (9/8/2019)

(Baca: Perpres Mobil Listrik Diteken Presiden, Industri Dipacu Strateginya)

Harjanto menambahkan, pembahasan lebih lanjut proyek mobil listrik Toyota akan kembali digelar pada Oktober 2019.

“Ini sebagai bagian upaya menjadikan kendaraan listrik populer di Indonesia,” tandasnya.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo sudah menandatangani Peraturan Presiden (Perpres) tentang Mobil Listrik, untuk mempercepat pengembangan produksi mobil listrik di dalam negeri.

Presiden berharap dengan adanya perpres inji pelaku industri otomotif di Indonesia segera merancang dan membangun pengembangan mobil listrik.

“Kita tahu 60% mobil listrik itu kuncinya ada di baterainya dan bahan untuk membuat baterai seperti kobalt, mangan dan lain-lainya, yang semuanya ada di negara kita. Strategi bisnis ini kita rancang agar nanti kita bisa mendahului dalam membangun industri mobil listrik yang kompetitif,” tutur Presiden di Jakarta, Kamis (8/8).(tri)