Thursday, 17 October 2019

Banuelos Masih Yakin Persija Bakal Bangkit

Selasa, 13 Agustus 2019 — 6:52 WIB
Pelatih Persija, Julio Banuelos saat  latihan (ist/MO Persija)

Pelatih Persija, Julio Banuelos saat latihan (ist/MO Persija)

JAKARTA – Persija Jakarta belum juga menunjukkan sinyal kebangkitan di ajang Shopee Liga 1 2019 setelah ditahan Bhayangkara FC (BFC) 1-1 di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Sabtu (10/8/2019) lalu.

Namun pelatih, Julio Banuelos tetap yakin tim berjuluk Macan Kemayoran tersebut bakal bangkit pada laga-laga selanjutnya setelah sudah tidak dibebeani oleh padatanya jadwal, usai melawan BFC.

Hal itu diungkapkan Banuelos dalam sesi latihan, Senin (12/8/2019), sebagai persiapan untuk menyambangi Madura United (MU) di Pamekasan, Jumat (16/8/2019). Menurutnya, Persija tidak punya persiapan yang khusus jelang melawat MU.

Sesi latihan kali ini lebih banyak dipusatkan untuk memulihkan stamina para pemain yang masih dalam masa dalam tahap pemulihan cedera.

“Untuk persiapan laga lawan Madura normal saja. Sekarang pemain dalam masa recovery dari beberapa yang cedera.” kata Banuelos, di sela-sela latihan yang digelar di lapangan PSAU Halim, Jakarta Timur.

Julio Banuelos tetap tetap melakukan evaluasi terhadap hasil yang diraih Persija dalam beberapa laga kandang terakhir Liga 1. Dalam beberapa laga kandang terakhir, Persija selalu gagal menambah tiga angka dengan cara yang nyaris sama.

Unggul lebih dulu, Macan Kemayoran selalu kehilangan kosentrasi sehingga harus puas berbagi angka dengan lawan, seperti saat menjamu Persib Bandung (1-1) dan Arema FC (2-2). Terakhir, Macan Kemayoran kembali harus berbagi angka dengan BFC di Stadion Patriot.

Unggul lebih dulu lewat gol Marko Simic, Persija akhirnya harus kehilangan dua angka setelah BFC mampu menyamakan kedudukan, berkat gol Anderson Salles di penghujung babak pertama.

“Ya memang dalam beberapa laga kandang terakhir, kami selalu mampu unggul lebih dulu, tapi pada akhirnya kami gagal menang. Tapi itulah sepakbola. Kami harus bermain setiap tiga hari. Tapi setelah pertandingan ini (melawan BFC red), kami punya banyak waktu untuk mempersiapkan tim dan saya masih yakin tim ini akan bangkit,” ungkap Banuelos.

Menghadapi MU, tentu akan menjadi ujian untuk membuktikan sikap optimis yang dirasakan Banuelos setelah melihat persiapan para pemain. “Saya pikir para pemain sekarang merasa lebih enjoy dan sikap yang mereka tunjukkan luar biasa.

Madura tim yang sangat-sangat kuat. Tapi dengan persiapan cukup dan sikap ini, performa Persija juga akan sangat bagus,” lanjut pelatih asal Spanyol tersebut yang juga dibuktikan dengan sukses MU bercokol di urutan tiga teratas klasemen sementara Liga 1.

Dengan 22 poin dari 12 laga, MU unggul jauh, 14 angka dari Persija yang menempati urutan dua terbawah dari sembilan laga. Oleh karena itulah Banuelos tidak memiliki perhatian khusus terhadap lini per lini dalam skuat MU.

Menurutnya, setiap lini yang dimiliki tim berjuluk Sapeh Kerrab tersebut, patut iuntuk diwaspadai. “Saya pikir seluruh tim mereka sangat kuat. Tidak ada perhatian khusus soal lini belakang, pemain depan, seluruh tim mereka sangat kuat,” tuntas mantan asisten pelatih Timnas Indonesia, Luis Milla tersebut. (jun/win)