Saturday, 14 December 2019

Berkas Eric Konan WN Nigeria yang Simpan Sabu di Perut Dilimpahkan ke Kejari Tangsel

Rabu, 14 Agustus 2019 — 21:42 WIB
WNA Nigeria Eric Konan saat di Kejari Tangsel.  (anton)

WNA Nigeria Eric Konan saat di Kejari Tangsel. (anton)

TANGSEL  – Berkas Eric Konan (WN Nigeria) terduga kasus penyeludupan narkotika jenis sabu dengan cara menyimpan dalam kapsul kemudian ditelan,  kini dilimpahkan ke Kejaksaan Negeri (Kejari) Kota Tangerang Selatan (Tangsel).

Erik dibekuk jajaran Bareskrim Mabes Polri dan petugas BNN di terminal 3 Bandara Soekarno Hatta,  sekitar 18 Mei 2019 lalu. “Setelah diproses dan pemberkasan jajaran Bareskrim Mabes Polri kini kasus Eric Konan, 40. Warga Negara Asing (WNA) asal Nigeri dilimpahkan ke Kejari Tangsel, ” kata Kasie Pidana Umum Kejari Tangsel, Sobrani Binzar, Rabu (14/8/2019).

Tersangka Eric Konan sebelumnya telah ditahan di rutan Bareskrim Polri sejak 19 Mei hingga 16 Agustus 2019,  mulai  13 Agustus 2019 setelah dilakukan pemberkasan, kini perkara tersebut telah dilinpahkan ke Kejari Tangsel oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU), kemudian dalan waktu dekat akan dilakukan persidangan.

“Ya berkas Eric Konan,  warga Nigeria tersebut telah diserahkan ke Kejari Tangsel berikut barang bukti sebanyak 43 kapsul narkotika jenis sabu seberat 711 gram, ” ujarnya.

Dari pengakuan tersangka Eric Konan, dia membawa narkotika jenis sabu setelah dijanjikan mendapatkan upah sebesar 1.000 dollar Amerika dari temannya yang asal Nigeria bernama Abuschi alias Udoka, kini masih buron untuk dibawa ke Tangerang melalui Bandara Soerkarno Hatta.

Untuk menghindari penangkapan petugas imigrasi maupun BNN,   dari negaranya Nigeri menuju Jakarta, Eric Konan menelan sekitar 43 kapsul berisikan narkotika jenis sabu seberat 711 gram dengan alasan agar narkotika sabu tetap hangat.

Sesampainya di bandara Soekarno Hatta petugas bea cukai,  jajaran BNN dan Baraeskrim Mabes Polri yang sudah mengendus kedatangan tersangka langsung memeriksa ternyata narkotika yang dibawa tersangka disimpan dalam perut sehingga harus dikeluarkan terlebih dahulu kemudia ditahan di Bareskrim Mabes Polri.

Menurut dia,  aksi nekat Eric Konan membawa dan menyimpan 43 kapsul berisi 711 gram narkotika sabu dari Nigeria ke Indonesia dengan alasan butuh uang.

“Awalnya Konan berkenalan dengan Abuschi awal Januari 2019 dan menawarkan pekerjaan untuk mengantar barang haram tersebut ke Indonesia dengan perjanjian bakal diberikan uoah 1000 dollar Amerika, ” ujarnya yang akhirnya bulan Mei 2019 akhirnya berangkat ke Indonesia namun berhasil ditangkap petugas.  (anton/win)