Friday, 22 November 2019

Terkait Wacana Gabung ke DKI Jakarta, Walikota Bekasi Temui Tokoh Betawi

Jumat, 23 Agustus 2019 — 5:45 WIB
Walikota Bekasi Rahmat Effendi menemui budayawan Betawi Ridwan Saidi. (ist)

Walikota Bekasi Rahmat Effendi menemui budayawan Betawi Ridwan Saidi. (ist)

BEKASI  – Meski selalu bilang baru wacana, tapi rupanya Kota Bekasi lebih serius menanggapi wacana akan bergabung ke DKI Jakarta. Buktinya, Walikota Bekasi Rahmat Effendi menemui tokoh Betawi Ridwan Saidi terkait wacana penggabungan ini, Kamis (22/8/2019).

“Ya, saya diminta memfasilitasi pertemuan Bang Wali dan Ridwan Saidi. Maksudnya ingin tahu lebih banyak terkait dengan Betawi dan Bekasi,” kata Ali Anwar, sejarawan Bekasi saat mendampingi pertemuan ini.

Rahmat menemui tokoh Betawi Ridwan Saidi di kediamannya di kawasan Bintaro. Hal ini terkait dengan ramainya wacana penekaran wilayah, termasuk wacana bergabungnya Bekasi ke DKI Jakarta.

Dalam obrolan itu Ridwan Saidi tampak menyambut baik wacana Kota Bekasi bergabung dengan DKI Jakarta karena adanya kesamaan kultur budaya dan sejarah kewilayahan.

Saidi mengatakan bahwa ada kesamaan pandangan tentang Bekasi dan DKI disana, karena Bekasi merupakan bagian dari wilayah budaya Betawi Dan Bekasi berbahasa Betawi.

Sementara itu, Rahmat mengatakan pertenman dengan tokoh Betawi ini tidak lain untuk mendengar napak tilas sejarah Betawi yang ada di Jakarta dan Bekasi. Rahmat mengatakan  dirinya ingin mendengarkan masuk-masukan dari sesepuh betawi tersebut.

Ali Anwar yang disinggung ada rencana kepindahan Ibukota Negara ke Kalimantan, mengatakan bahwa rencana itu tidak akan berpengaruh besar kepada Bekasi. “Karena Jakarta dan sekitarnya masih akan menjadi magnet bisnis,” katanya. (chotim/win)