Thursday, 12 December 2019

Toyota Alphard Seken Diminati, Harga Sekitar Rp150 Juta

Rabu, 28 Agustus 2019 — 9:02 WIB
Sumber: WTC Mangga Dua

Sumber: WTC Mangga Dua

MOBIL premium berusia tua kini lagi banyak diburu konsumen dari sejumlah daerah di Jawa untuk meningkatkan gengsi. Dari sekian jenis kendaraan bekas mewah, Toyota Alphard merupakan mobil yang paling banyak dicari masyarakat.

Soalnya secara awam bentuk bodi antara yang tua dan yang muda tidak banyak berubah sehingga banyak dibutuhkan orang-orang tertentu untuk mendongkrak penampilan mewah dengan modal sederhana.

Harsono, salah satu pedagang mobil seken dari Semarang, Jawa Tengah menyatakan dirinya banyak menerima pesanan dari pelanggan mobil Alphard.

“Mobil jenis MPV premium yang beredar di pasaran sejak tahun 2002 banyak dipesan pelanggan di kampung. Mereka minta Alphard yang berusia sekitar 15 tahun, harganya sekitar Rp 150 juta,” ujarnya saat berburu stok di Bursa Mobil Seken WTC Mangga Dua Jalan Raya Gunung Sahari, Jakarta, kemarin. Menurutnya persediaan di WTC cukup banyak dan hampir semuanya bekas rawatan sehingga penampilan masih tampak baru.

Harsono menambahkan dari sejak beredar di pasaran hingga kini, bentuk Alphard nyaris sama, cuma beda pada desain gril serta lampu depan dan belakang. “Bagi orang awam susah membedakan yang mana varian lama yang harganya di bawah Rp 200 juta atau varian baru yang harganya lebih dari Rp 1,1 miliar. Inilah yang membuat orang daerah kelas menengah menyukai Alphard untuk meningkatkan status ekonominya,” ungkap Harsono yang membeli beberapa unit mobil berbodi tambun.

Rekan Bisnis

Menurutnya, banyak rekan bisnisnya di beberapa daerah di Pulau Jawa juga mendapatkan order serupa dari pelanggannya. “Relasi dari Kudus, Madiun, Surabaya, Bandung, dan lainnya, banyak mencari Alphard,” tambahnya.

Senior marketing manager WTC Mangga Dua Herjanto Kosasih menjelaskan bahwa pasar mobil di dalam gedung mal ini merupakan yang terbesar dan terlengkap di Indonesia. “Di sini bukan cuma menyediakan Aplhard, tetapi juga berbagai jenis mobil premium lain seperti Toyota Camry, Mercy, Land Rover, Ferari, Porsche, dan lainnya,” ujarnya.

Namun demikian, pasar mobil yang terdiri dari ratusan show room berkapasitas 2.500 unit ini juga menyediakan mobil kelas menengah ke bawah. “Mulai dari yang termurah sampai termahal, semua ada di sini,” tandasnya. (*/bu)