Monday, 21 October 2019

Hadapi Partizan di Liga Eropa UEFA, MU Korek Luka Lama

Jumat, 30 Agustus 2019 — 21:59 WIB
Manajer Manchester United, Ole Gunnar Solskjaer. (reuters)

Manajer Manchester United, Ole Gunnar Solskjaer. (reuters)

MONACO – Hasil undian fase grup Liga Europa musim 2019-2020 telah diketahui. Manchester United (MU) sebagai salah satu tim favorit di kompetisi ini, bakal menghadapi FK Partizan (Serbia) di Grup L yang kembali mengorek luka lama tim berjuluk Setan Merah tersebut.

Ya, MU sejatinya pernah bertemu dengan Partizan dalam dua leg pada babak semifinal Piala Eropa edisi 1965-1966 silam. Peristiwa yang terjadi lebih dari setengah abad lalu itu, membuktikan jika Partizan lebih tangguh dari Setan Merah pada kompetisi yang merupakan cikal bakal Liga Champions saat ini. Dalam dua pertemuan tersebut, MU dipaksa menyerah 0-2 pada leg pertama di kandang Partizan. Sayang, kemenangan tipis 1-0 pada leg kedua di laga kandang, tidak cukup bagi Setan Merah untuk membalikkan keadaan.

Menanggapi pertemuan MU dengan partizan di Liga Eropa musim ini, pelatih Ole Gunnar Solskjaer lantas memperingatkan anak-anak asuhnya untuk tidak boleh meremehkan sang calon lawan. “Saya mengetahui cerita itu, mengenai bagaimana Partizan bisa mengalahkan kami lebih dari setengah abad lalu. Saya pikir tim-tim asal Serbia seperti Partizan, memiliki sejarah yang tidak boleh diremehkan oleh kami,” kata Solskjaer, menanggapi hasil undian fase grup Liga Eropa yang digelar di Monaco, Jumat (30/8/2019) dinihari.

Kemenangan Partizan atas MU, kemudian memastikan langkah Partizan ke partai final. Sayang, usaha mereka yang setengah langkah untuk menjuarai Piala Eropa, harus kandas setelah dikalahkan Real Madrid pada partai puncak. Selain Partizan, MU juga akan menghadapi wakil Kazakhtan, Astana dan AZ Alkmaar (Belanda) di Grup L.

“Sama seperti Partizan, saya pikir Astana dan Alkmaar juga punya kemampuan untuk membuat kejutan di kompetisi ini. Saya tidak pernah berpikir grup ini, akan mudah bagi kami,” lanjut pelatih yang juga mantan pemain MU di era 996 sampai 2007 silam itu.

Selain MU, sejumlah klub papan atas Benua Biru juga bakal ikut meramaikan persaingan di Liga Eropa musim ini. Diantaranya Sevilla (Spanyol), AS Roma dan Lazio dari Liga Serie A Italia, hingga rival MU di Liga Inggris, Arsenal. Sevilla, berada di grup A bersama APOEL (Siprus), Qarabag (Azerbaijan), dan Dudelange (Luksemburg). AS Roma di Grup J, bersama Borussia Moenchengladbach (Jerman), Istanbul Basaksehir (Turki), dan Wolfsberger (Austria). Lazio di Grup E, bersama Celtic FC (Skotlandia), Stade Rennais (Prancis), CFR Cluj *Rumania).

Sedangkan Arsenal ada di grup F bersama Eintracht Frankfurt (Jerman), Standard Liege (Belgia), dan Vitoria SC (Portugal). Fase grup Liga Eropa musim ini akan mulai digelar pada 19 September 2019.

Berikut hasil undian Liga Eropa UEFA:

Grup A: Sevilla (Spanyol), APOEL (Siprus), Qarabag (Azerbaijan), Dudelange (Luksemburg).
Grup B: Dynamo Kiev (Ukraina), Copenhagen (Denmark), Malmo FF (Swedia), FC Lugano (Swiss).
Grup C: FC Basel (Swiss), FC Krasnodar (Rusia), Getafe (Spanyol), Trabzonspor (Turki).
Grup D: Sporting Lisbon (Portugal), PSV Eindhoven (Belanda), Rosenborg (Norwegia), LASK Linz (Austria).
Grup E: Lazio (Italia), Celtic FC (Skotlandia), Stade Rennais (Prancis), CFR Cluj (Rumania).
Grup F: Arsenal (Inggris), Eintracht Frankfurt (Jerman), Standard Liege (Belgia), Viktoria Plzen (Republik Ceko).
Grup G: FC Porto (Portugal), Young Boys (Swiss), Feyenoord (Belanda), Rangers FC (Skotlandia).
Grup H: CSKA Moskow (Rusia), Ludogorets (Bulgaria), Espanyol (Spanyol), Ferencvarosi (Hongaria).
Grup I: Wolfsburg (Jerman), KAA Gent (Belgia), Saint-Etienne (Prancis), Olexandriya (Ukraina).
Grup J: AS Roma (Italia), Borussia Moenchengladbach (Jerman), Istanbul Basaksehir (Turki), Wolfsberger AC (Austria).
Grup K: Besiktas (Turki), Braga (Portugal), Wolverhampton Wanderers (Inggris), Slovan Bratislava (Slowakia).
Grup L: Manchester United (Inggris), FC Astana (Kazakhstan), FK Partizan (Serbia), AZ Alkmaar (Belanda).

(jun/yp)