Friday, 06 December 2019

Singkirkan Messi-Ronaldo, Van Dijk Pemain Terbaik UEFA Tahun Ini

Jumat, 30 Agustus 2019 — 6:09 WIB
Virgil van Dijk, bek Liverpool, usai menerima penghargaan pemain terbaik EUFA. (reuters)

Virgil van Dijk, bek Liverpool, usai menerima penghargaan pemain terbaik EUFA. (reuters)

MONACO – Untyk pertama kalinya, Virgil van Dijk berhasil meraih penghargaan Pemain Terbaik UEFA Tahun Ini setelah mengalahkan Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo. Penghargaan ini diraih bek Liverpool tersebut karena mampu mengubah permainan tim asuhan Jurgen Klopp dari runner-up menjadi juara Liga Champions musim lalu.

Sukses itu cukup mengejutkan publik, mengingat ini pertama kalinya Van Dijk bisa bersaing dengan Messi dan Ronaldo dalam daftar tiga pemain peraih penghargaan Pemain Terbaik. Apalagi kedua kompetitornya tersebut sama-sama sudah lima kali meraih penghargaan tersebut dari delapan penyelenggaraan yang sudah digelar sejak 2011 lalu.

Meski demikian, sebagian kalangan penghargaan itu layak diterima bek asal Belanda tersebut. Pemain berusia 28 itu memiliki peran penting untuk membawa Liverpool menjadi juara Liga Champions, musim lalu.

Ia bahkan mampu mengatasi perlawanan Messi dan kolega bersama Barcelona pada babak semifinal. Saat itu Van Dijk sukses mendepak Messi cs dengan agregat telak tujuh gol tanpa kebobolan.

Namun cerita berbeda ditunjukkan jika Van Dijk dibandingkan dengan Ronaldo. Usaha Ronaldo dan kolega di Liga Champions memang dihancurkan oleh Ajax Amsterdam pada babak perempatfinal musim lalu. Namun Ronaldo mampu membawa Juventus meraih scudetto atau gelar Serie A kedelapan secara beruntun di usianya yang tidak muda lagi.

Bomber berusia 34 itu bahkan mampu mengatasi perlawanan Van Dijk saat berkustum Timnas Portugal ketika bentrok dengan Belanda di ajang Liga negara UEFA bulan Juni lalu. Ironisnya, penghargaan Pemain Terbaik UEFA tetap terbang ke tangan Van Dijk. Ia juga meraih bek Terbaik Liga Champions musim ini.

Sementara rekan setimnya, Alisson Becker diklaim sebagai Kiper terbaik Liga Champions musim ini. Untuk penghargaan gelandang terbaik, diberikan kepada gelandang anyar Barcelona, Frenkie de Jong yang memperkuat Ajax di Liga Champions musim lalu. Sedangkan penyerang terbaik diberikan kepada Messi. (jun/yp)