Thursday, 14 November 2019

Xandao Pemain Anyar Persija yang Pernah Berlaga di Liga Eropa UEFA

Selasa, 3 September 2019 — 20:52 WIB
Xandao jalani tes medis (ist/MO Persija Jakarta)

Xandao jalani tes medis (ist/MO Persija Jakarta)

JAKARTA – Alexandre Luiz Reame (Xandao) melengkapi tiga pemain sebagai rekurutan baru Persija Jakarta di ajang Shopee Liga 1 musim ini. Bek berusia 31 tahun itu pun digadang-gadang mampu memberikan penampilan terbaiknya sebagai pengganti Steven Paulle di lini belakang tim berjukuk Macan Kemayoran tersebut.

Usai menjalani tes medis di Rumah Sakit Premier Bintaro, Tangerang Selatan, Selasa (9/3/2019), Xandao diperkirakan baru bisa melakoni debutnya bersama Macan Kemayoran saat menyambangi Persipura Jayapura pada Rabu (11/9/2019).

Bicara soal pengalaman, bek asal Brasil ini bahkan pernah memperkuat Sporting Lisbon dan mencetak gol pada ajang Liga Eropa UEFA. Bersama Joan Tomas, ia merupakan pemain asing yang menjadi pilihan pelatih Julio Banuelos dan diyakini bisa mampu mendongkrak posisi Persija yang kini terpuruk di papan bawah Liga 1.

(BacaDipastikan Prima, Xandao dan Tomas Tunggu Debutnya Bersama Persija)

Seperti yang telusuri dari Wikipedia, nama Xandao mulai dikenal sejak memutuskan bergabung dengan Sao Paulo pada 10 Desember 2009 sebagai pemain pinjaman dari Desportivo Brasil. Dari Sao Paolo ia kemudian kembali dipinjamkan ke Sporting Lisbon selama semusim 2012-2013.

Bersama Lisbon, ia berhasil mencetak gol pertamanya saat melawan Manchester City pada leg pertama babak 16 besar Liga Eropa UEFA, 9 Maret 2012 lalu. Gol yang dicetak dengan tumit pada menit ke-51 itu, menjadi satu-satunya gol yang tercipta di Stadion Jose Alvalade.

Gol tersebut juga menjadi sangat berarti bagi Lisbon yang akhirnya lolos ke babak perempatfinal setelah kalah 2-3 pada leg kedua di kandang City. Lisbon melenggang ke babak perempatfinal karena unggul produktivitas gol di laga tandang. Laju Lisbon di Liga Eropa UEFA saat itu bahkan tidak terhadang hingga mampu mencapai babak semifinal. Sayang, langkah mereka harus terhenti di babak semifinal setelah disingkirkan Atletico Madrid.

Lisbon kemudian mengakhiri masa peminjaman Xandao pada 15 Februari 2013 yang kemudian dibeli Kuban Krasnodar (Rusia). Selanjutnya, Xandao melanglang buana ke Anzhi Makhachkala (Rusia), Sporting Gijon (Spanyol), Cercle Brugge (Belgia), Red Bull Brasil, Guarani (Brasil), sebelum akhirnya berlabuh ke Persija. (jun)