Tuesday, 15 October 2019

Jokowi Umumkan Nama Menteri Usai Pelantikan  

Minggu, 8 September 2019 — 18:22 WIB
Presiden dan Wakil Presiden Terpilih, Joko Widodo - Ma'ruf Amin. (ikbal)

Presiden dan Wakil Presiden Terpilih, Joko Widodo - Ma'ruf Amin. (ikbal)

JAKARTA – Presiden dan Wakil Presiden Terpilih, Joko Widodo (Jokowi) – Ma’ruf Amin masih menyusun kabinet  yang akan membantu dalam pemerintahan periode 2019-2024. Dalam masa itu, nama-nama kandidat menteri berseliweran di publik. Selain itu para partai politik pengusung juga berbicara mengenai ‘jatah’ jumlah kursi. Namun hingga saat ini semua hal yang terkait jabatan menteri masih sebatas isu. 

Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto mengungkapkan Jokowi – Ma’ruf akan mengumumkan susunan kabinetnya udai pelantikan sebagai Presiden dan Wakil Presiden pada 20 Oktober mendatang. 

“Kami memang mengharapkan pengumuman itu sesuai dengan tata pemerintahan yang baik, dilakukan setelah presiden dan wakil presiden terpilih dilantik oleh MPR,” ujarnya usai membuka pembekalan anggota legislatif dan pengurus DPD/DPC PDI Perjuangan se-Propinsi Aceh, Minggu (8/9/2019).

Sebelnya Haato menyebut struktur kabinet pemerintahan Joko Widodo – Ma’ruf Amin sudah dalam tahap finalisasi. Dia mengatakan keputusan akhir akan tergantung dari dialog antara Presiden Jokowi dengan para ketua umum partai politik pengusung dan momentum usai pelantikan presiden-wapres terpilih pada 20 Oktober mendatang.

“Dialog kan sudah dilakukan, struktur kabinet sudah diputuskan, meskipun penyempurnaan masih dilakukan,” tandasnya.

Terkait kandidat menteri, Hasto mengatakan belum dapat dipublikasikan karena masih dalam proses dialog.

“Kami juga menyadari setiap partai juga memiliki target-target politik di dalam menempatkan jabatan. Di situlah dialog itu dilakukan. Dan Pak Jokowi memiliki hak prerogatif untuk itu,” pungkas Hasto. (ikbal/yp)