Saturday, 07 December 2019

Bantai Kosovo 5-3, Inggris Jaga Rekor Sempurna

Rabu, 11 September 2019 — 4:36 WIB
Harry Kane (reuters)

Harry Kane (reuters)

Bantai Kosovo 5-3, Inggris Jaga Rekor Sempurna

INGGRIS – Setelah Spanyol, Belgia, dan Italia, giliran Timnas Inggris yang berhasil mempertahankan rekor sempurna, sekaligus menutup babak Kualifikasi Piala Eropa 2020 di bulan September sebagai pimpinan grup.

Sukses itu diukir anak-anak asuh Gareth Southgate usai membantai tamunya Kosovo 5-3 dalam lanjutan fase Grup A di Stadion Saint Mary’s, Southampton, Rabu (11/9/2019) dinihari.

Dengan tambahan tiga angka itu, Inggris kian nyaman di posisi teratas dengan total 12 poin dari empat laga yang sudah mereka lakoni. Tim berjuluk Tiga Singa itu unggul tiga angka dari urutan kedua, Republik Ceko dari lima laga, usai menekuk tuan rumah Montenegro 2-0 pada saat yang sama.

Sedangkan Kosovo dipaksa lengser ke posisi ketiga dengan total delapan poin dari lima laga. Pasukan Bernard Challandes itu unggul enam angka dari Montenegro dan Bulgaria di urutan dua terbawah Grup A.

Bermain di depan publik sendiri, Inggris sebenarnya sempat mengalami kesulitan meladeni perlawanan Kosovo di awal laga. Pasukan Challandes bahkan langsung memberikan kejutan setelah unggul lebih dulu saat laga belum genap berusia satu menit.

Sebeuah kesalahan di lini pertahanan tuan rumah berhasil dimaksimalkan Valon Berisha untuk menjebol gawang Jordan Pickford usai menerima umpan Vedat Muriqi, seraya membawa Kosovo unggul 1-0. Namun Raheem Sterling tampil sebagai pembeda dengan mencetak gol penyeimbang, tujuh menit berselang.

Umpan Michael Keane kepada Sterling yang berdiri bebas mampu dimanfaatkan bomber Manchester City itu menjadi gol untuk mengubah papan skor menjadi 1-1. Sterling kembali berandil besar bagi terciptanya gol kedua Tiga Singa yang dilesakkan Harry Kane pada menit ke-19.

Inggris pun berhasil membalikkan keadaan dan unggul 2-1. Gol tersebut membuat pasukan Southgate kian percaya diri dan berhasil mengepung lini pertahanan Kosovo. Hal itu memaksa bek Kosovo, Mergim Vojvoda mencetak gol bunuh diri (38″) dan membuat Inggris menjauh, 3-1.

Alih-alih mengejar ketinggalan, Kosovo kian gencar menyerang. Namun hal itu mampu membuka celah bagi Inggris untuk menambah keunggulan lewat gol Jadon Sancho. Adalah Sterling yang lagi-lagi yang mencatat assist setelah umpannya itu diteruskan oleh Sancho menjadi gol pada menit ke-44.

Kerjasama Sancho-Sterling bahkan kembali menghasilkan gol di penghujung babak pertama. Kejelian Sterling memberikan umpan kepada Sancho yang tidak terkawal, memaksa kiper Kosovo, Arijanet Muric harus memungut bola dari jalanya sendiri untuk kelima kalinya.

Inggris yang memulai babak kedua dengan keunggulan 5-1, sempat terlena. Hal itu terlihat saat Kosovo berhasil mencetak dua gol hanya dalam waktu 10 menit di awal babak kedua.

Gol Valon Berisha pad menit ke-49, berhasil memperkecil ketertinggalan Kosovo menjadi 2-5. Pasukan Challandes bahkan kembali bisa mencetak gol pada menit ke-55 lewat aksi edat Muriqi dari titik putih.

Sayang, gol tersebut menjadi gol terakhir yang tercipta di lga ini. Pasalnya, Tiga Singa mampu mempertahankan keunggulan 5-3 hingga laga bubaran. (jun)