Saturday, 23 November 2019

Begal Moldova 4-0, Turki Salip Prancis

Rabu, 11 September 2019 — 5:13 WIB
Cenk Tosun merayakan gol yang dicetaknya untuk Turki. (reuters)

Cenk Tosun merayakan gol yang dicetaknya untuk Turki. (reuters)

MOLDOVA – Timnas Turki berhasil membegal tuan rumah Moldova 4-0 dalam lanjutan fase Grup H babak Kualifikasi Piala Eropa 2020 di Stadion Zimbru, Chisinau, Rabu (11/9/2019) dinihari. Kemenangan itu bahkan sukses membawa pasukan Senol Gunes menyalip Prancis untuk menduduki pimpinan Grup H.

Dengan total 15 poin dari enam laga, Turki unggul head to head dari Prancis di posisi kedua. Kemenangan itu juga sukses membawa Turki melengserkan Islandia ke posisi ketiga dengan 12 poin, usai kalah 2-4 dari tuan rumah Albania pada saat yang sama.

Sukses itu sendiri tidak terlepas dari penampilan apik Cenk Tosun setelah Turki sempat mendapat kesulitan sepanjang 30 menit awal di Stadion Zimbru.

Namun Tosun mampu mengobarkan rasa percaya diri Turki setelah mencetak gol pembuka pada menit ke-37, usai memaksimalkan umpan Dorukhan Tokoz.

Turki bahkan mampu mempertahankan keunggulan 1-0 hingga turun minum. Di babak kedua, giliran Deniz Turuc yang berhasil menjebol gawang tuan rumah pada menit ke-57, sekaligus membuat Turki menjauh, 2-0. Merasa belum cukup, Tosun kembali mengukir namanya di papan skor pada menit ke-79.

Kali ini, bomber Everton berusia 28 itu sukses memaksimalkan umpan akan Calhanoglu untuk membawa pasukan Gunes kian sulit dikejar dengan keunggulan tiga gol tanpa balas. Namun Turki tidak mengendurkan serangan.

Usaha mereka kembali membuahkan gol pada menit ke-88, lewat aksi Yusuf Yazici, sekaligus melengkapi kemenangan Turki dengan skor telak, empat gol tanpa balas. Di tempat lain, Prancis sukses menggilas tamunya Andorra dengan skor 3-0, berkat gol Kingsley Coman (18″), Clement Lenglet (52″), dan Wissam Ben Yedder (90″).

Hasil itu tidak mengubah posisi Andorra sebagai juru kunci, tanpa angka. Mereka tertinggal tiga sembilan angka dari Albania di posisi keempat, usai menekuk tamunya Islandia 4-2 pada saat yang sama. (jun/yp)