Tuesday, 12 November 2019

Selamat Jalan Pak Habibie

Masyarakat Penuhi Lokasi Pemakaman BJ Habibie

Kamis, 12 September 2019 — 12:38 WIB
Masyarakat terus berdatanagn ke lokasi pemakaman BJ Habibie di TMP Kalibata, Jakarta. (ikbal)

Masyarakat terus berdatanagn ke lokasi pemakaman BJ Habibie di TMP Kalibata, Jakarta. (ikbal)

JAKARTA – Antusiasme masyarakat mengantar Presiden ke-3 RI, Baharuddin Jusuf Habibie tinggi. Jelang upacara pemakaman di Taman Makam Pahlawan Nasional Kalibata, Jakarta Selatan, warga sudah memenuhi sekitar pusara yang disiapkan untuk Habibie.

Warga yang berasal dari berbagai kalangan datang dengan maksud yang sama, yakni menyampaikan penghormatan terakhir kepada Bapak Teknologi Indonesia. Pantauan poskotanews.com, hingga pukul 12:15 WIB, warga masih terus berdatangan.

Penghormatan seperti itu juga yang hendak Kelompok paduan Suara Merah Putih. Sekitar 30 anggota sudah datang ke TMP Kalibata sejak pukul 09:00 WIB . Padahal pemakaman baru dilaksanakan sekitar pukul 13:00 WIB.

Bagi kelompok paduan suara yang dinaungi Kementerian Pendidikan ini, kepergian Habibie merupakan kehilangan besar bagi bangsa Indonesia. Menurut mereka sosok Habibie tak tergantikan di negeri ini.  “Habibie negarawan demokrasi, inspirasi bangsa. Sangat sedih beliau telah pergi. Sosoknya sulit tergantikan,” ujar Ketua Umum Paduan Suara Merah Putih, Deli Rasubala.

Deli mengatakan kelompoknya akan  mengiringi pemakaman Habibie dengan menyanyikan lagu nasional, ‘Bagimu Negeri’.  Dia menyebut lagu tersebut akan menjadi persembahan terakhir  untuk Habibie.

“Kami akan nyanyikan lagu Padamu Negeri, sebagai bentuk penghormatan kami kepada beliau,” tandasnya. (ikbal/mb)