Thursday, 05 December 2019

Status Gunung Sinabung Turun, Warga Akan Dipulangkan, Tapi Tak Ada Air Bersih

Sabtu, 14 September 2019 — 20:56 WIB
Gunung Sinabung

Gunung Sinabung

 MEDAN  –  Status Gunung Sinabung, di Kabupaten Karo, Sumut, turun menjadi status siaga level III. Sebelumnya, Gunung Sinabung itu berada di status awas level IV.

Kepala BPDB Karo Martin Sitepu, Sabtu (14/9/2019) mengatakan pihaknya koordinasi dengan Kodam I Bukit Barisan akan memulangkan ratusan warga di lima desa yang selama ini berada di zona merah dekat Gunung Sinabung.

Kelima desa yang dipulangkan adalah Desa Tigapancur, Jeraya, Pintumbesi, Kuta Tengah Kecamatan Simpang Empat dan Desa Kuta Gugung Kecamatan Namanteran.

“Pemulangan dilakukan berdasarkan penurunan status Gunung Sinabung. Zona merah juga diperkecil dari 5-7 Km menjadi 3-5 Km,” papar Martin.

Martin menjelaskan bahwa desa-desa tersebut sudah ditinggalkan warga sejak 2014 sehingga rumah warga membutuhkan fasum seperti jamban dan sarana air bersih.

Pemda Karo tidak ada menganggarkan untuk kebutuhan tersebut sehingga melalui surat Bupati dimohonkan bantuan anggaran kepada Provinsi Sumatera Utara

‚ÄúSelama ini para pengungsi yang berasal dari lima desa kita berikan sewa lahan karena mereka tidak tinggal di pengungsian,” tutupnya. (samosir/win)