Tuesday, 15 October 2019

Siswa TK Dharma Siwi Kenalkan Kurikulum Berkebun

Senin, 16 September 2019 — 2:11 WIB
Siswa TK Dharma Siwi, Sunter, diajarkan bercocok tanaman. (deny)

Siswa TK Dharma Siwi, Sunter, diajarkan bercocok tanaman. (deny)

JAKARTA – Kegiatan berkebun dalam kota atau urban farming dikenalkan TK Dharma Siwi, Sunter, Tanjung Priok, Jakarta Utara, kepada para siswanya. Pengenalan tidak sebatas pemahanan, namun juga langsung pada cara bercocok tanaman yang ada.

Kepala Sekolah TK Dharma Siwi, Mimin Suratminah mengatakan, bahwa kegiatan berkebun tersebut juga bagian dari kurikulum 13 sekolah.

“Dalam hal ini, siswa diperkenalkan juga tentang pasar tradisional. Dengan tujuan nanti, hasil panen berkebun mereka bisa dapat dipasarkan,” jelas Mimin, Minggu (15/9/2019). Kegiatan pun, dapat menjadi ajang silahturahmi antar orang tua, guru dan anak anak.

Untuk Bulan September ini, Mimin menambahkan jika pihaknya fokus pada tanaman sayuran dan buah-buahan seperti Pokcay, Kangkung, Bayem,

Jambu Merah, Belimbing serta lain sebagainya. “Sehingga saat panen ini bisa  langsung dinikmati,” tambahnya.

Menurutnya, ia juga ingin memberikan motivasi buat TK lain yang berada di lingkungan Pemprov DKI untuk melakukan hal serupa. Dikarenakan,  pelajaran  menanam dan menjual ini dinilai penting  untuk membantu proses tumbuh kembang anak. (deny/ys)