Wednesday, 16 October 2019

Liga Champions

Atletico Madrid v Juventus, Jawaban Kerisauan Simeone

Rabu, 18 September 2019 — 9:09 WIB
Pelatih Atletico Madrid, Diego Simeone. (reuters)

Pelatih Atletico Madrid, Diego Simeone. (reuters)

SPANYOL – Alih-alih mengusung misi balas dendam, Atletico Madrid tidak memiliki modal yang cukup meyakinkan saat menjamu Juventus pada laga perdaba fase Grup D Liga Champions di Stadion Wanda Metropolitano, Kamis (19/9/2019) pukul 02:00 WIB.

Kekalahan yang ditelan Ateltico dari Real Sociead di pentas La Liga Spanyol, akhir pekan kemarin, menjadi salah satu penyebab pelatih Diego Simeone mulai risau dengan performa anak-anak asuhnya pada laga nanti.

Menurut Simeone, tim asuhannya saat ini tidak memiliki sosok yang dapat dijadikan penyeimbang untuk meladeni perlawanan Juventus pada laga nanti. Hal itu diperlihatkan Atletico usai menyerah 0-2 dari Sociedad, akhir pekan kemarin.

“Permainan kami mengkhawatirkan dari lini serang, tengah, hingga pertahanan. Ini sebuah peringatan untuk kami agar kami bisa lebih siap menghadapi Juventus. Tentu ambisi yang ingin kami usung melawan mereka, tidak akan mudah bagi kami,” kata pelatih berusia 49 itu, seperti dikutip AS, jelang pertandingan.

Menghadapi Juventus, sejatinya menjadi sebuah kesempatan bagi Atletico untuk membayar kegagalan mereka setelah disingkirkan Juventus pada babak 16 besar Liga Champions musim lalu. Dalam dua pertemuan di babak 16 besar, Atletico yang unggul 2-0 pada leg pertama di Wanda Metropolitano, harus angkat koper setelah menyerah tiga gol dari Juventus di Stadion Allianz. Pada pertemuan kali ini, Simeone pun berharap, anak-anak asuhnya bisa memetik kemenangan demi usaha bangkit usai kalah 0-2 dari Sociedad.

Ia bahkan masih memiliki secercah harapan dengan semangat muda yang dimiliki para pemainnya guna menuntaskan misi tersebut.

“Kami tahu Juventus adalah tim yang bagus. Tapi kini saatnya kami menunjukkan bahwa skuad ini bisa berkembang terus, termasuk para pemain muda yang kami miliki saat ini. Mereka akan menjadi tulang punggung untuk masa depan tim ini,” terang Simeone yang kemungkinan masih akan mengandalkan penyerang muda asal Portugal, Joao Felix sebagai tandem Diego Costa di lini depan Atletico pada laga nanti.

Di sisi lain, Juventus juga datang dengan modal yang kurang meyakinkan usai bermain imbang tanpa gol kontra tuan rumah Fiorentina di Liga Serie A Italia akhir pekan kemarin. Hasil itu bahkan membuat pelatih Maurizio Sarri mulai mendapat tekanan pasca dihujani kritik dari para fans.

Situasi itu semakin diperparah lantaran Juventus kemungkinan tampil tanpa bek sayap Danilo dan gelandang Miralem Pjanic karena masalah kebugaran. Selain itu, bek tengah sekaligus sang kapten, Giorgio Chiellini juga masih absen akibat cedera.

Beruntung, penyerang sayap Douglas Costa kemungkinan sudah bisa bermain setelah sempat absen melawan Fiorentina. Ia akan kembali melengkapi trisula maut Juventus di lini depan, bersama Gonzalo Higuain dan Cristiano Ronaldo.

Baik Ronaldo maupun Feliz kemungkinan bakal menjadi sorotan, mengingat keduanya merupakan sahabat di Timnas Portugal. Namun kali ini mereka akan saling berhadapan sebagai lawan. Pada laga lainnya di Grup D, Bayer Leverkusen menjamu Lokomotiv Moskow. Sedangkan di Grup C, Shakhtar Donetsk vs Manchester City dan Dinamo Zagreb vs Atalanta. (jun/yp)

Prakiraan pemain:

Atletico (4-4-2): Oblak (g); Trippier, Gimenez, Savic, Lodi; Vitolo, Koke, Saul, Lemar; Diego Costa, Joao Felix.
Juventus (4-3-3): Szczesny (g); De Sciglio, Bonucci, de Ligt, Alex Sandro; Bentancur, Matuidi, Khedira; Douglas Costa, Higuain, Ronaldo.