Tuesday, 15 October 2019

Dirjen Hubla Minta Tingkatkan Keselamatan Pelayaran di Kawasan Wisata Labuan Bajo

Jumat, 20 September 2019 — 21:22 WIB
labuhan bajo

JAKARTA – Dirjen Perhubungan Laut  (Hubla) Agus H Purnomo menekankan pentingnya keselamatan pelayaran dan kebersihan di kawasan wisata dan pelabuhan, karena dengan dua hal tersebut akan meningkatkan kunjungan wisatawan.

“Sekecil apapun kecelakaan yang terjadi di lokasi wisata akan langsung menjadi viral menyebabkan wisatawan enggan berkunjung ke lokasi wisata tersebut,” papar Dirjen Hubla saat puncak acara kampanye Keselamatan Pelayaran dan Peringatan Hari Maritim Sedunia (World Maritime Day)  di Labuan Bajo, Jumat sore (20/9/2019).

Oleh karenanya, dia meminta kepada KSOP Pelabuhan jangan sampai ada kecelakaan laut di kawasan Labuan Bajo yang dapat menimbulkan efek negative  di mata wisatawan asing maupun local.

Dirjen mengajak  mengajak semua pihak terkait untuk meningkatkan budaya kebersihan dan keselamatan berlayar, khususnya di Labuan Bajo yang  merupakan salah satu dari 10 destinasi wisata baru di Indonesia yang ditetapkan oleh Presiden Joko Widodo.

labuhan bajo2

Menurutnya keselamatan pelayaran tidak hanya menjadi tanggung jawab Kemenhub selaku regulator, namun banyak pihak terkait di dalamnya seperti operator pelayaran, syahbandar, hingga nelayan.

“Ayo kita kampanyekan agar wisatawan dan masyarakat di Labuan Bajo semuanya selalu menjaga kebersihan dan keselamatan berlayar, jangan membuang sampah sembarang tapi harus di tempat sampah,” pinta Dirjen.

Dukung Wanita

Kepala Bagian Organisasi dan Humas Ditjen Perhubungan Laut Yan Prastomk Ardi selaku panitia Kampanye Keselamatan Pelayaran dan Peringatan Hari Maritim Sedunia (World Maritime Day) bertemakan “Empowering Women in Maritime Community.

Adapun rangkaian kegiatan kampanye di Labuan Bajo ini diawali dengan penyelenggaraan Simposium Women in Maritime Indonesia atau WIMA Ina, penyelenggaraan Gerakan Anak Indonesia yang digagas WIMA Indonesia untuk mengedukasi 50 orang anak TK mengenai pentingnya keselamatan pelayaran.

Melakukan uji petik kelaiklautan kapal bagi Kapal Wisata, Bimtek Keselamatan Pelayaran di beberapa lokasi seperti Aceh,  Ternate,  Lombok, Sorong, Ambon,  Kupang, Makassar dan Banjarmasin, Penyerahan Sertifikat Pengukuran dan Pendaftaran Kapal para Pemilik kapal Nelayan/Tradisional.

Dirjen Perhubungan Agus H mengapresiasi hadirnya Wima Ina yang telah  berperan di bidang maritim sekaligus memberikan penghargaan kepada capten Kartini yamg merupakan nakhoda wanita pertama kali di Indonesia yang kini mengabdikan diri menjadi wakil direktur di perguruan tinggi pelayaran. (dwi)