Monday, 21 October 2019

Anak-Anak Minum Kopi, Boleh?

Minggu, 22 September 2019 — 8:00 WIB
Ilustrasi

Ilustrasi

KOPI saat ini sedang menjadi trand di berbagai kalangan, baik itu anak muda hingga orang tua. Hampir di setiap daerah baik itu kafe, restoran, ataupun kedai kopi banyak ditemukan di hampir setiap sudut wilayah, terutama di kota besar.

Bagi orang dewasa, kopi mungkin bisa menjadi pemantik energi. Namun, meskipun enak bagi orang dewasa nyatanya kopi sangat tidak disarankan untuk anak-anak.

Pasalnya, kandungan senyawa kafein pada kopi masih belum bisa di toleransi oleh tubuh anak. Zat tersebut dapat memengaruhi metabolisme tubuh, merangsang
sistem saraf pusat, meningkatkan konsentrasi, membuat lebih waspada dan terjaga, serta memberikan tambahan energi.

Dikutip dari Alodokter.com, berikut ini adalah fakta konsumsi kopi dan minuman berkafein lain pada anak yang penting untuk Anda ketahui:

1. Menyebabkan Gangguan Tidur
Konsumsi kopi dalam dosis kecil oleh anak-anak sudah cukup untuk membuat anak terjaga sepanjang hari. Hal ini dikarenakan kafein yang terkandung di dalam kopi dapat menjadi stimulan yang bisa meningkatkan tekanan darah dan denyut jantung anak, serta membuat mereka menjadi sulit tidur.

2. Memicu Gangguan Pencernaan
Tak hanya menyebabkan gangguan tidur, anak yang mengonsumsi kopi dan minuman berkafein lain juga bisa mengalami gangguan pencernaan. Hal ini karena kandungan kafein yang terdapat di dalamnya dapat meningkatkan asam lambung, sehingga anak-anak lebih mudah mengalami mulas dan sakit perut.

3. Menghambat Pertumbuhan Anak
Kafein di dalam kopi hitam dan minuman lain juga dapat menghambat pertumbuhan anak. Hal ini karena kafein dapat mengganggu penyerapan kalsium dalam tubuh anak, sehingga pertumbuhan tulang anak akan terganggu.

4. Menyebabkan Gigi Berlubang
Ketika mengonsumsi minuman berkafein, penambahan gula dan pemanis lain sering dilakukan. Hal ini dapat menyebabkan minuman yang dikonsumsi anak memiliki
kandungan gula yang tinggi, dan bila dikonsumsi terlalu banyak, dapat menyebabkan anak terkena karies gigi atau gigi berlubang.

5. Meningkatkan Risiko Obesitas
Kopi hitam yang dicampur dengan sirup, gula, krim kocok atau whipped cream mengandung kalori lebih banyak. Jika asupan kalori berlebihan, tubuh secara otomatis akan mengubah kalori tersebut menjadi lemak. Terlalu banyak lemak dalam tubuh dapat menimbulkan obesitas dan berbagai masalah kesehatan. (fira/m6/dms)