Monday, 14 October 2019

DPRD Dukung Jalur Khusus Sepeda, Anies akan Wajibkan ASN Bersepeda

Minggu, 22 September 2019 — 7:33 WIB
Jalur Sepeda. (wandi)

Jalur Sepeda. (wandi)

JAKARTA – DPRD DKI Jakarta mendukung langkah Gubernur  Anies Baswedan membuat jalur khusus sepeda. Langkah tegas harus betul-betul dilaksnakan setelah uji coba. Sebagai tahap awal Anies bisa menerapkan terlebih dahulu kepada aparatur sipil nehara (ASN), minimal sekali selama seminggu.

“Kita mendukung, tetapi sebagai langkah awal nantinya ASN bisa memberi contoh. Setidaknya semiggu sekali para ASN ke kantor ramai-ramai menggunakan sepeda,” kata Steven S Musa, anggota DPRD DKI Jakarta, Sabtu (21/9). Gerakan massal harus dipelopori, terutama oleh ASN. “Masyarakat pasti akan mwngikuti,” katanya.

Sementara itu, Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan mengakui berencana mewajibkan ASN bersepeda. Anies menyebut akan dibuat aturan terkait kebijakan tersebut.

“Kita akan siapkan aturannya secara bertahap supaya bersepeda itu menjadi sesuatu yang dirasakan natural,” kata Anies.

Anies juga berwacana akan mengatur kegiatan inspeksi lapangan yang mewajibkan petugas menggunakan sepeda. Menurutnya, kebijakan seperti itu tak akan memberatkan ASN. “Bukan karena aturan, tapi juga kebutuhannya terpenuhi,” ujar Anies.

Selain itu, Anies mengatakan bahwa sepeda tidak hanya dapat dimanfaatkan sebagai alat olahraga, tetapi juga alat transportasi.

Seperti diketahui,  setelah melaksanakan uji coba fase pertama jalur sepeda dari Jalan Rawamangun ke Balai Kota, Anies menilai bahwa berkendara menggunakan sepeda justru lebih cepat dari kendaraan bermotor.

Pemprov DKI Jakarta akan membuat jalir khusus seoeda sepanjang 500 kilometer. Saat ini baru ada sekitar 25 kilometer dari rencana tahap awal 65 kilometer. (john/win)