Saturday, 07 December 2019

Pelebaran Jalan Raya Sawangan Bakal Dikebut Sejalan Selesainya Jalan Tol Desari

Rabu, 25 September 2019 — 23:04 WIB
Kondisi ujung Jalan Tol Desari di pertigaan Jl. Raya Sawangan. (anton)

Kondisi ujung Jalan Tol Desari di pertigaan Jl. Raya Sawangan. (anton)

DEPOK  – Pelebaran pintu keluar Jalan Tol Depok – Antasari (Desari) di Jalan Raya Sawangan dekat kantor Kelurahan Rangkapan Jaya Lama mendesak dibuat guna mengantisipasi kemacetan di jalan tersebut.

“Kondisi di ujung Jalan Tol Desari pertigaan Jalan  Raya Sawangan memang perlu diperlebar mengantisipasi kemacetan di ruas jalan tersebut jika proyek jalan tol selesai sampai di Kel. Rangkapan Jaya Lama,” kata Nyonya  Etin,  warga perumahan Depok Jaya Agung, Kelurahan Rangkapan Jaya Lama,  Pancoran Mas,  Depok, Rabu (25/9/2019).

Kondisi Jalan Raya Sawangan terlalu kecil tidak ada jalan tol saja macet dan antrean kendaraan hampir setiap hari terjadi kemacetan.  “Apalagi jalan tol sudah jadi dan pintu keluar ada di ujung Jalan Raya Sawangan,” ujarnya yang berharap ada perhatian pemerintah pusat memperlebar ujung jalan tersebut.

Menanggapi permintaan warga sekitar dan pemakai kendaraan,  Wali Kota Depok  Muhammad Idris,  menegaskan pihaknya sejak awal sudah meminta pihak pengelola maupun pemerintah pusat untuk memperlebar badan jalan tersebut.

“Kami minta agar jalan dilebarin terlebih dahulu sebelum exit tol dioperasikan, namun SOP nya lain, dimana mereka akan melakukan kajian semacam dampak dari exit tol baru dibuat anggaran untuk pelebaran,” ujarnya hasil kajian akan dilaporkan pihak Dishub dan Polres Depok ke pemerintah pusat nantinya.

Tidak hanya ujung Jalan Tol Desari saja tapi sepanjang Jl. Raya Sawangan mulai dari Pertigaan Parung Bingung hingga pusat perbelanjaan Depok Town Center (DTC) bakal diperlebar.

“Kami berharap proyek pelebaran jalan akan dilakukan tahun 2019 ini dan dilanjutkan tahun 2020 mendatang sehingga badan jalan cukup lebar, ” tuturnya.

Pelebaran Jalan  Raya Sawangan sepanjang kurang lebih 5 kilo meter akan membebaskan lahan milik warga di sepanjang jalur tersebut. Untuk pelebaran di ujung keluar Jalan Tol Desari disesuaikan dengan kebutuhan keluar dan masuk kendaraan di kawasan tersebut.

Pihaknya,  tambah dia,  tidak hanya meminta pemerintah pusat melebarkan Jl. Raya Saqangan saja tapi juga berharap ada pelebaran Jl. Raya Tanah Baru sebagai salah satu jalan penunjang keluar dan masuknya kendaraan dari Jalan Tol Cijago Seksi II Kukusan dan Jalan Tol Desari.  (anton/win)