Friday, 18 October 2019

Ingin Cari Kerja? Persiapkan Surat Lamaran dengan Baik&Benar

Minggu, 29 September 2019 — 12:00 WIB
Ilustrasi

Ilustrasi

ANGKA pencari kerja di Indonesia masih cukup tinggi, dan lowongan yang ada tak sebanding dengan jumlah pencari kerja, atau lowongan yang tersedia tidak sebanding dengan kompetensi pencari kerja.

Namun seiring perkembangan teknologi, para pencari kerja dipermudah dengan adanya internet, karena kamu dapat mencari serta melamar berbagai macam lowongan kerja di berbagai lokasi, baik di dalam maupun luar negeri.

Para pencari kerja bisa  menyesuaikan kemampuan yang dimiliki, latar belakang pendidikan, hingga gaji yang diinginkan.

Tapi kemudahan mencari lowongan kerja melalui internet, belum tentu menjamin pencari kerja cepat mendapatkan pekerjaan yang diinginkan. Karena dengan adanya kemudahan melalui internet, saingan dalam mencari kerja juga akan lebih banyak.

Salah satu faktor penting yang harus diperhatikan dalam melamar pekerjaan, adalah menyiapkan surat lamaran yang baik.

Hal ini mungkin terkesan sepele bagi sebagian orang, namun nyatanya, surat lamaran kerja penting dan perlu diperhatikan.

Perusahaan pada dasarnya tidak hanya menilai para kandidat dari CV saja, namun juga memperhatikan surat lamaran kerja yang dibuat.

Oleh karena itu, mulai sekarang cobalah untuk mengecek surat lamaran kerjamu sebelum mengirimnya ke perusahaan-perusahaan yang kamu tuju, seperti yang disarankan Julo Official Blog.

Kenapa surat lamaran kerja penting?

  1. Surat lamaran kerja  yang baik, benar dan rapi dapat mencerminkan komunikasi yang baik dari calon kandidat.
  2. Surat lamaran kerja yang kamu buat dapat meyakinkan apakah CV yang kamu lampirkan benar atau tidak, serta memberi nilai plus untuk kamu.
  3. Surat lamaran kerja juga menunjukan bahwa para pelamar memiliki niat dan effort untuk bekerja di perusahaan tersebut. Jika surat lamaran kerja menarik, maka besar peluang kamu dihubungi untuk interview.

Nah, berikut ini adalah tips untuk menulis surat lamaran kerja versi JULO!

  1. Gunakanlah Bahasa yang Baik & Benar

Dalam menulis surat lamaran kerja, kamu wajib menggunakan bahasa yang baik, sopan, benar, serta memberikan kesan profesional. Tidak hanya pengalaman dan skill mu yang diperhatikan, namun juga tata bahasa dan EYD yang tepat, kalimat tidak diulang-ulang atau repetitif. Jika menggunakan bahasa Inggris, usahakanlah untuk menggunakan grammar yang tepat.

  1.  Singkat, Padat, Jelas

Surat lamaran kerjamu akan lebih baik jika ditulis dengan singkat, padat dan jelas. Jangan menggunakan kalimat-kalimat yang rumit dan sulit dimengerti. Jangan bertele-tele dan berikan poin penting yang dapat menjadi highlight dari surat lamaran kerjamu.

  1.  Jangan Copy Paste

Ini adalah salah satu hal yang penting yang perlu kamu perhatikan dalam membuat surat lamaran kerja. Contoh dan template surat lamaran kerja memang banyak sekali ada di internet, sehingga memudahkan kamu untuk mencari referensi. Kamu tentu dapat menggunakan contoh-contoh tersebut, namun jangan sampai lupa untuk mengedit contoh surat lamaran kerjanya sesuai dengan kebutuhanmu. Poin penting seperti tujuan perusahaan, tanggal, identitas jangan sampai lupa kamu ganti, ya. Kalau sampai kamu lupa ganti, itu merupakan hal fatal yang bisa mengurangi penilaian terhadapmu.

  1. Lengkapi Surat Lamaran

Lengkapi surat lamaran kerjamu dengan data-data yang dibutuhkan, misalnya fotokopi KTP, surat referensi pekerjaan, sertifikat, piagam, transkrip, dan sebagainya sesuai dengan yang diminta oleh perusahaan.

Poin Penting Surat Lamaran Kerja

Ketika membuat surat lamaran kerja, ada beberapa poin penting yang wajib kamu masukan dalam surat lamaran kerjamu, lho.

  1. Tempat/tanggal surat
  2. Perusahaan/HRD yang dituju
  3. Ucapan salam
  4. Kata pengantar
  5. Biodata pribadi secara singkat dan jelas
  6. Latar belakang pendidikan, pengalaman bekerja dan kemampuan yang dimiliki
  7. Penutup

Selamat mencoba, semoga berhasil dengan lowongan pekerjaan yang kamu tuju.(tri)