Sunday, 15 December 2019

Halau Penyerobot Jalur Sepeda, Sudin Perhubungan Jaktim Siapkan Tim khusus

Jumat, 4 Oktober 2019 — 8:56 WIB
Petugas Sudin Perhubungan Jaktim yang patroli untuk menghalau penyerobot jalur sepeda. (Ifand)

Petugas Sudin Perhubungan Jaktim yang patroli untuk menghalau penyerobot jalur sepeda. (Ifand)

JAKARTA – Petugas Suku Dinas Perhubungan Jakarta Timur menyiapkan anggota khusus untuk membersihkan jalur sepeda dari para penyerobot. Mereka akan berpatroli setiap saat dan memberi tindakan persuasif dalam pengamanan jalur di sepanjang Jalan Raya Pemuda, Rawamangun, Pulogadung.

Disiapkannya tim khusus itu untuk menjawab keluhan warga yang disampaikan melalui redaksi Pos Kota melalui pesan singkat yang bertuliskan : “Kepada pihak terkait, tolong tertibkan jalur sepeda yang selama ini diserobot dan dijadikan lahan parkir tepatnya di jalan Pemuda, Rawamangun. Tolong ditindaklanjuti, terima kasih,” demikian pesan dari nomor 08183382xxx.

Kasie Pengendalian dan Operasional Sudinhub Jakarta Timur, Slamet Dahlan mengatakan, pihaknya sudah menyiapkan tim khusus untuk membersihkan jalur sepeda yang selama ini diserobot. Dengan menerjunkan dua petugas, nantinya mereka akan patroli di sepanjang Jalan Pemuda. “Setiap hari mereka akan membersihkan jalur yang ada agar tak lagi di serobot,” katanya, Kamis (3/10).

Dikatakan Dahlan, dari patroli yang dilakukan, nantinya petugas akan mengusir semua penyerobot jalur sepeda. Dimana mereka akan berpatroli dari Jalan Pemuda hingga Jalan Raya Pramuka yang merupakan wilayah perbatasan Jakarta Timur. “Dalam hal itu kami melakukan tindakan persuasif tanpa harus menindak dan memberi sangsi,” ujarnya.

Langkah itu, kata Dahlan, dinilai lebih mujarab dibanding memberikan aksi penindakan. Pasalnya, para penyerobot lebih mudah menyingkir dan mengakui kesalahan yang mereka perbuat. “Karena ini masih awal, makanya kami beri tindakan persuasif. Selanjutnya bila mereka masih membandel, kami akan melibatkan kepolisian untuk memberi sangsi tegas,” ungkapnya.

Dengan patroli yang dilakukan itu, sambung Dahlan, pihaknya berharap para penyerobot bisa semakin sadar. Dimana jalur yang memang disiapkan untuk pesepeda itu bisa dimanfaatkan dengan baik. “Ini juga untuk mendukung program Pemprov DKI agar lebih banyak masyarakat yang beralih menggunakan sepeda,” pungkasnya. (ifand/yp)