Sunday, 17 November 2019

Pendidikan Karakter Sejak Usia Dini

Jumat, 4 Oktober 2019 — 8:51 WIB

PEMERINTAH Provinsi DKI Jakarta menambah jumlah Taman Pendidikan Anak (TPA) Negeri dan Satuan Paud Sejenis (SPS) Negeri di wilayah Ibukota. Secara resmi, penambahan jumlah sekolah tersebut diluncurkan Gubernur Anies Baswedan, Rabu (3/10/2019).

Penambahan jumlah sarana pendidikan bagi anak-anak balita, patut diapresiasi karena memang sangat dibutuhkan. Terutama tempat pendidikan milik pemerintah, karena masyarakat ekonomi lemah tidak perlu merogoh kocek demi anaknya bisa memperoleh pendidikan.

Seperti diketahui, sekolah Paud selama ini lebih banyak dikelola oleh swasta yang memungut biaya yang belum tentu bisa dijangkau oleh keluarga berpenghasilan rendah. Padahal, pendidikan adalah hak semua masyarakat, tanpa memandang kelas.

Pendidikan usia dini, sangat penting guna membentuk karakter anak bangsa. Terlebih menuju generasi emas 2045, pendidikan harus ditanamkan sejak dini bila bangsa ini tidak mau tertinggal oleh bangsa lain. Apalagi dengan perkembangan teknologi yang begitu pesat, harus diimbangi dengan karakter yang baik supaya generasi mendatang bukan hanya menguasai ilmu pengetahuan, tapi juga punya landasan moral yang kuat.

Karena karakter bangsa ditentukan oleh pendidikan anak sejak balita. Selain belajar beradaptasi dengan lingkungan dan bersosialisi dengan teman-teman sejak usia dini, anak-anak juga harus ditanamkan sikap disiplin, etika, budi pekerti, pendidikan agama dan lainnya. Meski usia mereka balita, pendidikan karakter sudah mulai dibentuk.

Tanggung jawab tersebut bukan hanya ada di pundak orangtua, tapi juga pemerintah. Keluarga, adalah lingkungan terdekat yang membentuk landasan karakter dan perilaku anak. Apa yang mereka lihat, mereka dengar dan mereka rasakan, akan membawa pengaruh pada pembentukan karakter. Itu sebabnya, diperlukan kesadaran tinggi dari orangtua dalam mendidik anak-anaknya sejak dini.

Sedangkan tanggungjawab pemerintah, melakukan langkah fundamental dengan menyediakan tempat-tempat pendidikan bagi anak usia dini. Negara wajib memberikan pendidikan yang bukan hanya bertujuan mengasah kecerdasan si anak, tapi justru paling penting adalah membentuk karakter dan perilaku mereka supaya bertakwa, berbudaya, dan beradab. **

Terbaru

Kebakaran di ruko Jalan Gajah Mada, Jakarta Barat. (dwi)
Minggu, 17/11/2019 — 17:33 WIB
Ruko di Jalan Gajah Mada Kebakaran
Ilustrasi
Minggu, 17/11/2019 — 16:55 WIB
Tahun Ini, Ada 1.491 Janda-Duda di Purwakarta
Komisi III Fraksi NasDem, Taufik Basari (rizal)
Minggu, 17/11/2019 — 16:51 WIB
DPR Dukung Wacana Menko Polhukam Hidupkan KKR